Wisata Ternak Kambing Etawa di Nglanggeran

Wisata Ternak Kambing Etawa di Nglanggeran

Berinteraksi dengan binatang secara langsung selalu menjadi agenda wisata yang menarik. Seperti wisata yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Selain terkenal dengan wisata alamnya, ternyata Desa Wisata Nglanggeran juga memiliki wisata edukasi, yaitu ternak kambing etawa.

Wisata edukasi ini merupakan salah satu upaya pengembangan potensi yang ada di Desa Nglanggeran, baik dari segi masyarakat maupun kondisi lingkungannya. Peternakan kambing etawa atau PE sendiri dikelola oleh masyarakat Nglanggeran yang tergabung dalam kelompok ternak Purbaya.

Berinteraksi secara langsung dengan kambing etawa tentu menjadi pilihan tersendiri bagi pengunjung. Di tempat ini mereka akan mendapatkan kesempatan untuk memberi makan kambing etawa secara langsung. Tidak hanya itu, mereka juga akan diajari cara memeras susu kambing etawa agar menghasilkan susu yang segar. Jangan khawatir, pengunjung juga diijinkan untuk mempraktikkan proses pemerasan susu tersebut, tentu saja dengan pengamanan yang sudah disediakan.

Tidak hanya berhenti disitu. Setelah proses pemerasan susu selesai, pengunjung akan diajakuntuk mengunjungi tempat pengolahan susu etawa. Di tempat tersebut mereka akan diperlihatkan bagaimana proses pengolahan susu etawa yang masih murni agar siap untuk diminum. Tentu saja dengan proses sterilisasi dan proses lainnya agar susu tersebut aman serta sehat untuk diminum.

Pengunjung juga akan diperlihatkan bagaimana proses pembuatan susu yang masih cair menjadi susu yang berbentuk bubuk, sehingga aman dan nyaman untuk dibawa ketika perjalanan jauh.

Yang terakhir adalah yang paling menarik, pengunjung akan diijinkan untuk mencoba susu etawa yang sudah diolah. Oh iya, sekedar mengingatkan susu kambing etawa memiliki manfaat yang sangat bagus bagi tubuh teman-teman. Diantaranya mendorong sistem pencernaan agar berkembang dengan baik, menurunkan tingkat kolestrol, menghindari penumpukan lendir sehingga tidak menyebabkan alergi, meningkatkan kemampuan untuk memetabolisme zat besi dan tembaga, serta susu etawa kaya akan kalsium.

Jika berminat, pengunjung juga bisa membeli produk susu etawa yang sudah dikemas secara praktis dan higenis untuk keluarga di rumah.

Menarik bukan wisata edukasi kambing etawa di Desa Nglanggeran? Selain bisa berlibur, pengunjung juga akan mendapatkan ilmu serta pengalaman yang mengesankan. Mulai dari cara mengembangbiakkan serta merawat kambing etawa, cara memeras serta mengolah susu etawa agar siap untuk diminum, serta cara mengolah susu etawa menjadi bubuk.

Educate Etawa Goats Tourism in Nglanggeran Village

Interacting with animals directly is always being an attractive activity. Besides being famous for its natural attractions, Nglanggeran Tourism Village also has an educational attraction, namely the breeding Etawa goats.  

This educational attraction is one of the efforts to develop the existing potential in Nglanggeran, both of the community and environment. The Etawa goat breeding is managed by the member of Purbaya, the community of Nglanggeran breeding Etawa. 

Interacting directly with Etawa must be a special choice for tourists. Here, they get a chance to feed Etawa directly and learn how to milk a goat by hand to produce fresh milk. Do not worry, tourists are also allowed to milk a goat by hand safely.

The other interesting thing is tourists will also see the process to make fresh served Etawa goat milk.  Of course with the sterilization and the other process to produce safety and healthy milk to drink.

The visitors will also see the process of making powder Etawa goat milk. The powder texture will make the product to be easy and safe to bring everywhere.

The last is the most interesting activity, here visitor may try the processed Etawa goat milk. For your information, Etawa goat milk has many benefits for our body. It can improve the digestive system, reduce cholesterol, avoid the buildup of mucus to prevent allergies, enhance the iron and copper metabolism and Etawa goat milk is also rich in calcium.

If interested, visitors can also buy the Etawa goat milk products that have been packaged practically and hygienically for families at home.

Isn't the educational Etawa goat tourism in Nglanggeran Village interesting? Besides being able to take a vacation, visitors will also get knowledge and memorable experiences. Starting from how to breed and taking care of the Etawa goats, how to milk a goat by hand, how to process served Etawa goat milk, and how to make powder Etawa milk.