Wisata Ternak Kambing Etawa di Nglanggeran

Wisata Ternak Kambing Etawa di Nglanggeran

Berinteraksi dengan binatang secara langsung selalu menjadi agenda wisata yang menarik. Seperti wisata yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Selain terkenal dengan wisata alamnya, ternyata Desa Wisata Nglanggeran juga memiliki wisata edukasi, yaitu ternak kambing etawa.

Wisata edukasi ini merupakan salah satu upaya pengembangan potensi yang ada di Desa Nglanggeran, baik dari segi masyarakat maupun kondisi lingkungannya. Peternakan kambing etawa atau PE sendiri dikelola oleh masyarakat Nglanggeran yang tergabung dalam kelompok ternak Purbaya.

Berinteraksi secara langsung dengan kambing etawa tentu menjadi pilihan tersendiri bagi pengunjung. Di tempat ini mereka akan mendapatkan kesempatan untuk memberi makan kambing etawa secara langsung. Tidak hanya itu, mereka juga akan diajari cara memeras susu kambing etawa agar menghasilkan susu yang segar. Jangan khawatir, pengunjung juga diijinkan untuk mempraktikkan proses pemerasan susu tersebut, tentu saja dengan pengamanan yang sudah disediakan.

Tidak hanya berhenti disitu. Setelah proses pemerasan susu selesai, pengunjung akan diajakuntuk mengunjungi tempat pengolahan susu etawa. Di tempat tersebut mereka akan diperlihatkan bagaimana proses pengolahan susu etawa yang masih murni agar siap untuk diminum. Tentu saja dengan proses sterilisasi dan proses lainnya agar susu tersebut aman serta sehat untuk diminum.

Pengunjung juga akan diperlihatkan bagaimana proses pembuatan susu yang masih cair menjadi susu yang berbentuk bubuk, sehingga aman dan nyaman untuk dibawa ketika perjalanan jauh.

Yang terakhir adalah yang paling menarik, pengunjung akan diijinkan untuk mencoba susu etawa yang sudah diolah. Oh iya, sekedar mengingatkan susu kambing etawa memiliki manfaat yang sangat bagus bagi tubuh teman-teman. Diantaranya mendorong sistem pencernaan agar berkembang dengan baik, menurunkan tingkat kolestrol, menghindari penumpukan lendir sehingga tidak menyebabkan alergi, meningkatkan kemampuan untuk memetabolisme zat besi dan tembaga, serta susu etawa kaya akan kalsium.

Jika berminat, pengunjung juga bisa membeli produk susu etawa yang sudah dikemas secara praktis dan higenis untuk keluarga di rumah.

Menarik bukan wisata edukasi kambing etawa di Desa Nglanggeran? Selain bisa berlibur, pengunjung juga akan mendapatkan ilmu serta pengalaman yang mengesankan. Mulai dari cara mengembangbiakkan serta merawat kambing etawa, cara memeras serta mengolah susu etawa agar siap untuk diminum, serta cara mengolah susu etawa menjadi bubuk.