Wisata Air Terjun Kendung Kandang Kian Berbenah

Wisata Air Terjun Kendung Kandang Kian Berbenah

Air Terjun Kedung Kandang merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Nglanggeran, Gunungkidul. Sebuah air terjun tersembunyi yang dikelilingi oleh sawah terasering dengan panorama yang begitu menawan. Di tambah lagi, keindahan alamnya yang disuguhkan dari Puncak Ngekong (salah satu spot yang dilewati ketika ingin menyambangi air terjun kedung kandang). Dari tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan bentang alam yang tampak bagai hamparan hutan yang begitu serasi dengan birunya langit dan juga awan putih. Tak lupa juga dengan hadirnya semilir angin perbukitan, itu semakin menambah suasana ketenangan di tempat ini. Nah, potensi-potensi itu lah yang akhirnya membawa harapan baru bagi pelaku dunia usaha pariwisata untuk meningkatkan animo wisatawan lokal maupun asing agar berkunjung  ke destinasi ini.

Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, Pokdarwis Nglanggeran (pengelola utama desa wisata Nglanggeran) melakukan beberapa pembenahan di area sekitar Air Terjun Kedung Kandang, tepatnya di Puncak Ngekong. Kini, ditargetkan ada tiga pembangunan yang akan dilakukan, yaitu pembangunan wisata kuliner, camping ground dan taman. Hingga kini sudah ada beberapa pembangunan yang digarap. Adapun pembangunan taman dimulai dengan melakukan penanaman rumput jepang, tanaman hias seperti bunga dan pohon palem, penataan bebatuan untuk mempercantik taman, juga pemasangan lampu dengan konsep tradisional. Untuk wisata kulinernya sendiri, di sana sudah disiapkan tiga bangunan yang nantinya akan digunakan sebagai tempat berjualan. Sementara untuk wisata camping ground, perapian area camping dan pembabatan rumput sudah dilakukan. Memang saat ini pembangunan yang dilakukan baru sekitar 50 % saja, mengingat dana pembangunan yang juga masih dalam proses pengumpulan.  

Dengan dilakukan pembenahan tersebut, selain untuk meningkatkan kualitas wisata Nglanggeran, diharapkan juga jumlah kunjungan wisatawan lokal bahkan asing ke tempat ini bisa terus bertambah dari tahun ke tahun.

The Tourist Attraction of Kedung Kandang Waterfall Increasingly Improve

Kedung Kandang Waterfall is one of the destinations located in Nglanggeran, Gunung Kidul. A hidden waterfall surrounded by rice terraces with beautiful scenery. Moreover, the beautiful scenery shown from Ngekong Peak (one of the spots where is passed when we want to visit Kedung Kandang Waterfall). From this place, visitors can see a landscape which looks like a stretches of forest, and it’s very harmonious with a blue sky and the white cloud. The gentle breezy hills give more a relaxing environment in this place.  From those potentials, tourism entrepreneurs have a new hope to increase the interest of domestic or foreign visitors to visit this destination.

As the effort to realize that plan, Nglanggeran Tourism Awareness Group or Pokdarwis Nglanggeran (the main manager in Nglanggeran Torism Village) did some constructions in the area of Kedung Kandang Waterfall, precisely in Ngekong Peak. There are targeted three developments, those are the development of culinary area, camping ground, and garden. Currently, there had been several developments. For the garden, the construction began with planting japonica grass, some ornamental plants like flowers and palm, arrange some stone to beautify the garden, and also putting up lighting with traditional concept. Then, for culinary, there are three buildings which will be used as the selling place. Meanwhile, for camping ground itself, fireplace camping area and cutting grass also had already. Only 50% of the development which had carried out because the development found is also still collected.

Those improvements were conducted because beside to improve the quality of Nglanggeran tourism, hopefully it can also increase the number of visiting to this tourism village from time to time.