Wisata Air Terjun Kendung Kandang Kian Berbenah

Wisata Air Terjun Kendung Kandang Kian Berbenah

Air Terjun Kedung Kandang merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Nglanggeran, Gunungkidul. Sebuah air terjun tersembunyi yang dikelilingi oleh sawah terasering dengan panorama yang begitu menawan. Di tambah lagi, keindahan alamnya yang disuguhkan dari Puncak Ngekong (salah satu spot yang dilewati ketika ingin menyambangi air terjun kedung kandang). Dari tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan bentang alam yang tampak bagai hamparan hutan yang begitu serasi dengan birunya langit dan juga awan putih. Tak lupa juga dengan hadirnya semilir angin perbukitan, itu semakin menambah suasana ketenangan di tempat ini. Nah, potensi-potensi itu lah yang akhirnya membawa harapan baru bagi pelaku dunia usaha pariwisata untuk meningkatkan animo wisatawan lokal maupun asing agar berkunjung  ke destinasi ini.

Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, Pokdarwis Nglanggeran (pengelola utama desa wisata Nglanggeran) melakukan beberapa pembenahan di area sekitar Air Terjun Kedung Kandang, tepatnya di Puncak Ngekong. Kini, ditargetkan ada tiga pembangunan yang akan dilakukan, yaitu pembangunan wisata kuliner, camping ground dan taman. Hingga kini sudah ada beberapa pembangunan yang digarap. Adapun pembangunan taman dimulai dengan melakukan penanaman rumput jepang, tanaman hias seperti bunga dan pohon palem, penataan bebatuan untuk mempercantik taman, juga pemasangan lampu dengan konsep tradisional. Untuk wisata kulinernya sendiri, di sana sudah disiapkan tiga bangunan yang nantinya akan digunakan sebagai tempat berjualan. Sementara untuk wisata camping ground, perapian area camping dan pembabatan rumput sudah dilakukan. Memang saat ini pembangunan yang dilakukan baru sekitar 50 % saja, mengingat dana pembangunan yang juga masih dalam proses pengumpulan.  

Dengan dilakukan pembenahan tersebut, selain untuk meningkatkan kualitas wisata Nglanggeran, diharapkan juga jumlah kunjungan wisatawan lokal bahkan asing ke tempat ini bisa terus bertambah dari tahun ke tahun.