Uji Adrenalinmu di Goa Song Gudel

Uji Adrenalinmu di Goa Song Gudel

Goa Song Gudel adalah goa yang terletak di kawasan gunung Api Purba. Goa ini bertipe goa horizontal dan berkarateristik tidak terlalu dalam namun lebar dan beratap batu besar, maksud dari goa horizontal ialah pengunjung bisa memasuki tanpa mengenakan alat-alat tertentu dan teknik lainya layaknya yang akan masuk ke goa vertikal yang perlu menggunakan skill khusus untuk memasukinya. Goa Song Gudel ini memiliki cerita yang diyakini masyarakat desa Nglanggeran bahwasanya dahulu goa ini tempat harimau yang memakan gudel (anak kerbau), untuk menuju di goa Song Gudel tidak terlalu jauh dari pendopo Kalisong cukup memakan waktu sekitar 10 menit perjalanan.

Caving atau bisa disebut dengan susur goa ini menjadi kegiatan minat khusus di Indonesia, karena Indonesia sendiri memiliki banyak goa yang tersebar di nusantara ini. Kenapa harus susur goa? Karena di dalam goa terdapat keindahan batuan stalakmit dan stalaktit  yang terbentuk secara alami dan ada juga goa yang didalamnya menghasilkan sumber mata air. Pada zaman dahulu dahulu manusia purba memanfaatkan goa sebagai tempat berlindung dari segala cuaca karena suhu yang ada di dalam goa sendiri memiliki suhu yang netral. 

Goa vertikal termasuk kegiatan susur goa yang banyak peminatnya karena untuk masuk di dalamnya harus menggunakan teknik roping atau turun dan naik dengan menggunakan tali karmentel statis dan memiliki skill khusus. Apakah goa Song Gudel bisa untuk berkegiatan minat khusus? Jawabanya pasti bisa, meskipun gong Song Gudel bukan goa vertikal namun goa ini zona yang bisa dilakukanya kegiatan rock climbing dan rappeling. Kedua kegiatan ini terbilang cukup ekstrim namun jika dilakukan dengan adanya orang yang professional dan menggunakan alat yang safety maka kegiatan ini akan lebih seru.

                         

Apasih manfaat dari climbing dan rappeling itu? Manfaat dari kedua kegiatan ini mampu melatih otot tangan dan kaki menjadi lebih kuat, melatih daya fokus, berani dalam mengambil keputusan, meningkatkan daya konsentrasi, mengurangi berat badan karena terbakarnya kalori dalam tubuh dan mengurangi penyakit tertentu seperti penyakit jantung. Namun sebelum melakukan kegiatan tersebut teman-teman harus memulai pemanasan dahulu yaitu boulder, boulder atau bouldering ini melakukan pemanjatan yang tidak terlalu tinggi dan aman tanpa menggunakan tali dengan tujuan untuk melatih otot tangan dan kaki agar lemas dan saat melakukan pemanjatan otot-otot tersebut sudah terbiasa dan kuat. Jadi tunggu apalagi uji adrenalinmu di gunung Api Purba!

SALAM LESTARI!!!