Trekking Penuh Semangat Menuju Air Terjun Kedung Kandang.

Trekking Penuh Semangat Menuju Air Terjun Kedung Kandang.

Jika berkunjung ke kawasan Gunung Kidul khususnya pada daerah Desa Nglanggeran, kawan-kawan pasti tidak asing dengan objek-objek wisata seperti Gunung Api Purba Nglanggeran dan Embung Nglanggeran. Sedangkan, terdapat suatu objek wisata yang masih tersembunyi namun memiliki keindahan alam dan keunikan yang luar biasa loh kawan!  Yaitu Air Terjun Kedung Kandang. Air Terjun Kedung Kandang merupakan sebuah nama dari air terjun unik yang berlokasi di Dusun Gunungbutak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini setidaknya memiliki sebanyak 6 undakan yang terdiri dari tebing-tebing vulkanik yang terbentuk seperti anak tangga. Undakan-undakan tersebut yang membuat air terjun ini unik, jika debit air sedang besar, air terjun ini akan terlihat seperti air terjun yang bertumpuk-tumpuk. 

Tebing-tebing vulkanik tersebut merupakan sisa-sisa dari aktivitas vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran. Panorama alam sekitar air terjun yang terdiri dari terasering persawahan yang hijau berpadu dengan air terjun menampilkan panorama yang menakjubkan bagi yang mengunjunginya.

Untuk menuju Air Terjun Kedung Kandang, kawan-kawan harus melakukan trekking terlebih dahulu dengan jarak kurang lebih satu kilometer dengan rute naik turun bukit.

Kawan-kawan tidak perlu khawatir akan merasa kelelahan dan merasa jenuh selama melakukan trekking karena kawan-kawan akan disuguhkan pemandangan yang indah dari mulai bebatuan vulkanis, puncak ngekong serta pemandangan hijau persawahan. Pada saat melakukan trekking kawan-kawan juga dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan indah lho! Seperti berfoto di sekitar puncak ngekong atau di daerah persawahan.

Fasilitas yang tersediapun tidak modern dan lengkap dikarenakan Air Terjun Kedung Kandang masih dikelola oleh Desa Wisata Nglanggeran bukan pihak swasta. Kedati demikian, fasilitas yang biasa digunakan oleh warga desa sekitar membuat kawan-kawan merasakan  secara asli bagaimana kehidupan dan perkakas asli khas pedesaan. Fasilitas yang ada berupa tempat sampah, pondok istirahat, kamar mandi, serta penunjuk arah.

Agar kawan-kawan sukses dan memiliki pengalaman yang tidak terlupakan selama melakukan trekking menuju Air Terjun Kendung Kandang kami menyiapkan beberapa tips yang dapat kawan-kawan lakukan untuk berwisata ke kedung kandang. Yang pertama, kunjungi Air Terjun Kedung Kandang pada saat musim hujan. Debit air yang besar membuat pemandangan air terjun sangat indah berupa air terjun yang bertumpuk. Namun, saat musim hujan keadaan jalan akan licin dikarenakan akses menuju Air Terjun Kedung Kandang masih berupa tanah. Maka gunakanlah alas kaki yang yang sesuai untuk trekking dengan jalur yang licin. Jika kawan-kawan berkunjung pada musim kemarau jangan bersedih, walaupun air terjun kering saat musim kemarau namun kawan-kawan dapat melihat keindahan terbing yang terdiri dari batuan-batuan vulkanik yang saling bertumpuk dan dapat memanjati batu dari jalur air terjun yang mengering. 

Tips yang kedua, pastikan kondisi badan anda dalam keadaan sehat dan membawa air mineral dikarenakan trek yang cukup menguras tenaga. Membawa anak-anak dan lansia juga tidak dianjurkan. Tips selanjutnya, jika bertemu dengan warga lokal jangan sungkan untuk meyapa dan bertukar senyum. Masyarakat lokal sangatlah ramah dan tidak akan sungan membantu kawan-kawan jika mengalami kesulitan.

Tips yang keempat, jangan merusak fasilitas, mencorat-coret, memotong/menebang/merusak tanaman, pohon, dan tumbuh-tumbuhan yang ada. Sebagai pengunjung suatu objek wisata sudah semestinya kita turut menjaga dan melestarikan alam ataupun budaya setempat. Karena objek wisata yang terus-menerus dieksploitasi akan berkurang nilai keindahannya yang kemudian akan mengalami kerusakan lingkukan. Jika lingkungan udah rusak maka generasi dimasa mendatang tidak akan lagi merasakan keindahan alam sebagaimana apa yang kita nikmati pada saat ini. Berikut tips yang kami siapkan untuk kawan-kawan yang akan berkunjung ke Air terjun Kedung Kandang. Bagaimana? Kawan-kawan siap untuk berangkat?