Tingkatkan Daya Jelajahmu di Gunung Api Purba

Tingkatkan Daya Jelajahmu di Gunung Api Purba

Mendaki adalah kegiatan minat khusus yang melatih kemandirian dan melatih kekompakan antar tim saat berada di alam bebas dengan tujuan menggapai puncak. Kenapa harus kemandirian dan kekompakan sangat diperlukan saat melakukan pendakian? Karena ketika melakukan pendakian kita dituntut untuk berkreativitas dan memiliki wawasan yang luas mulai dari cara membangun bivak atau tenda darurat bahkan survival jika bahan logistik yang dibawa telah habis. Lalu kekompakan saat melakukan pendakian sangatlah penting karena di dalam tim harus saling menjaga dan menjalin komunikasi setiap saat. Semua ini memiliki tujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di gunung dan secara tidak langsung melatih jiwa kepemimpinan.

Indonesia sendiri memiliki julukan sebagai negara cincin api, kenapa demikian? Karena Indonesia mempunyai gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang terutama gunung di pulau Jawa. Di Jogjakarta sendiri memiliki gunung yang pernah aktif sekitar 30-60 juta tahun yang lalu sekarang bernama “gunung api purba” yang berlokasi di desa Nglanggeran kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul.

Gunung Api Purba ini bisa dikatakan sebagai destinasi green tourism karena gunung Api Purba kawasan konservasi dan ramah lingkungan yang didalamnya terdapat satwa liar yaitu kera jenis ekor panjang dan situs geologi yang menunjukan gunung Api Purba pernah aktif sebelumnya. Kegiatan yang bisa dilakukan di gunung Api Purba ialah trekking yang memiliki spesifikasi jalur batu yang disusun dan tanah, gunung Api purba memiliki 5 pos sebagai tempat istirahat untuk para survivor dan memiliki ketinggian 700 MDPL .

Para survivor jika ingin melakukan aktivitas lebih dari 1 hari tidak perlu khawatir karena pihak pengelola gunung Api Purba sudah memberikan titik camping ground untuk tempat mendirikan tenda dan saat sunrise tiba kalian akan dimanjakan dengan pemandangan alam dan sentuhan hangat matahari pagi saat berada di puncak gunung Api Purba. Jika survivor kehabisan logistik bisa membeli makanan di pos gunung Api Purba, lalu uniknya lagi ada warung kejujuran yang dimana warung tersebut tidak ada penjualnya dan survivor bisa mengambil minuman didalam kotak dan membayar sendiri dengan harga yang sudah tercantum. Gunung Api Purba cocok untuk pendaki pemula karena dengan ketinggian yang tidak sampai 1000 MDPL dan jalur trekking sangat mudah karena dilengkapi dengan petunjuk arah. Jadi tunggu apa lagi segera berkemas dan mendakilah di gunung Api Purba sekarang!

SALAM LESTARI!!!