Tak Hanya Wisata Alam, Desa Wisata Nglanggeran Juga Tawarkan Wisata Budaya Dan Edukasi

Tak Hanya Wisata Alam, Desa Wisata Nglanggeran Juga Tawarkan Wisata Budaya Dan Edukasi

Desa Nglanggeran merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Tahukah kalian, bahwa selain menawarkan wisata alam yang begitu indah dan masih sangat asri, tempat wisata ini juga menawarkan desa wisata yang berbasis edukasi dan budaya.

Selain dari alamnya yang begitu hijau dengan udara yang relatif sejuk, keramahan masyarakat serta kebudayaanya yang masih dipertahankan hingga kini menambah potensi tersendiri bagi daerah wisata ini. Masyarakat Desa Nglanggeran dikenal akan masyarakat yang sangat lekat dengan adat-istiadat kejawennya. Beragam tradisi dan kesenian seperti karawitan, event-event jawa (bersih desa, kenduri dan lain-lain), kreasi janur, batik, pertunjukan seni reog dan juga jahtilan menjadi seni budaya yang sayang jika dilewatkan. Berbekal dari potensi tersebut, Pokdarwis Nglanggeran telah mengelola sarana wisata budaya dengan menyediakan paket wisata budaya, dimana setiap wisatawan yang berkunjung akan dapat melihat bahkan berperan langsung untuk memainkan seni maupun membuat kreasi-kreasi yang diproduksi oleh masyarakat setempat.

Selain itu, tekstur tanahnya yang subur menjadikan tanaman mudah untuk tumbuh. Hal ini yang kemudian banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membudidayakan berbagai tanaman. Adapun relatifitas tanaman yang dibudidayakan di daerah ini adalah tumbuhan cokelat dan durian. Berwisata tentunya akan lebih menarik jika kita bisa terlibat dalam melakukan aktivitas secara langsung. Di sini, para pengunjung atau wisatawan dapat secara langsung megikuti berbagai aktivitas yang berhubungan dengan agrowisata, mulai dari memetik cokelat sendiri  di kebun milik petani setempat sampai dengan mengikuti proses pengolahannya dan akhirnya menjadi sebuah produk yang memiliki daya jual cukup menjanjikan. Kripik pisang cokelat, bakpia cokelat, dan berbagai olahan minuman yang berbahan dari cokelat misalnya.

Tak cukup dengan itu saja, sebagai daerah penghasil susu kambing etawa, melihat atau mencoba langsung proses pemerahan susu akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi wisatawan. Bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman tersebut, mereka akan diajarkan secara langsung oleh peternak kambing etawa yang ada di desa ini. Dengan demikian, hal ini selain sebagai ajang wisata juga dapat mengedukasi para wisatawan yang tertarik untuk mencobanya.

Hingga saat ini, potensi-potensi tersebut terus dikembangkan melalui berbagai upaya. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengembangkan Desa Wisata Nglanggeran dan juga untuk meggadapi pesaing-pesaing dari tempat wisata lainnya.