Surga Berburu Sunset di Nglanggeran

Surga Berburu Sunset di Nglanggeran

Puncak Gunung Nglanggeran Timur adalah surga bagi pemburu sunset. Terletak di Nglanggeran bagian timur yang bersebelahan dengan Kampung Pitu(kampung yang terdiri dari tujuh kepala keluarga saja) dan dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor. Membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju puncak tersebut menggunakan sepeda motor dari loket Gunung Api Purba. Jalanan yang dilalui tidak terlalu sulit akan tetapi sedikit sempit dan menanjak. Di sepajang jalan terdapat pepohonan dan bebatuan yang akan menemani perjalanan ke puncak. Puncak Gunung Nglaggeran Timur menjadi spot favorit bagi para pemburu sunset yang  tidak ingin melakukan pendakian seperti di puncak Gunung Gedhe Nglanggeran Barat. Tentunya di puncak ini dapat dikunjungi oleh semua kalangan usia dari anak-anak hingga lansia.

Pukul 5 sore merupakan waktu dimana matahari mulai terbenam dan ini moment yang ditunggu untuk melihat sunset di sebelah barat. Warna biru, merah, orange dan kuning adalah perpaduan warna yang indah ketika matahari mulai terbenam. Gradasi warna yang cantik tersebut menimbulkan pesona alam yang luar biasa dan mengagumkan. Namun, waktu untuk menikmati sunset tidak banyak karena waktu yang dibutuhkan matahari untuk terbenam hanya berkisar 20-30 menit saja.

Selain itu, terdapat pemadangan hamparan hutan Gunung Kidul yang luas dan hiruk pikuk kota ketika malam hari menjelang. Kemudian pemadangan Embung Nglanggeran di malam hari yang terletak tepat di bawah kaki gunung merupakan pemadangan yang dapat juga kita jumpai ketika berada di puncak.