Semarak Geopark Night Specta 4.0

Semarak Geopark Night Specta 4.0

Dinas Pariwisata Gunungkidul bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Daerah Isimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan acara Geopark Night Specta 4.0. Geopark Night Specta 4.0 diselenggarakan di Panggung Terbuka Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Acara ini merupakan bentuk apresiasi dan pengenalan kepada masyarakat luas mengenai status Gunung Sewu dalam Global Geopark Network yang diresmikan oleh UNESCO sejak 21 September 2015, terbentang dari Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan dimana di dalamnya memiliki 33 Geosite. Diantara ke-33 Geosite tersebut terdapat 13 situs di Kabupaten Gunungkidul termasuk salah satunya adalah Gunung Api Purba yang berada di Desa Nglanggeran.

Acara tersebut berlangsung pada hari Jumat malam (19/7) dengan menyuguhkan konser musik yang menyatu dengan alam serta dipadukan dengan kesenian budaya lokal. Acara ini dihadiri oleh Gubernur DIY yang diwakili oleh Sri Paduka Pakualaman X Wakil Gurbenur DIY, Bupati Gunungkidul, Bupati Pacitan, dan Bupati Wonogiri. Beberapa penyanyi ternama turut serta memeriahkan Geopark Night Specta 4.0 seperti Nufi Wardhana, Erix Soekamti, Gaseng Om Wawes dan Nanda Candra yang diselingi pementasan Tari Sayuk Rukun.  

“Melalui acara Geopark Night Specta 4.0 kami mengharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat khususnya mereka yang bertempat tinggal di wilayah Geosite agar semakin kreatif dalam mengelola sumber potensi yang ada didaerah serta meningkatkan wisatawan di wilayah Gunung Kidul” tutur Asti Wijayanti selaku Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul. “Melalui jargon Geopark ‘Memuliakan Warisan Bumi untuk Menyejahterakan  Masyaraka’, mengandung arti bahwa pengelolaan wisata perlu menjadi wadah yang dapat mengembangkan perekonomian masyarakat setempat dengan menggambungkan 3 aspek yaitu Geodiversty, Biodiversity dan Culturediversty” tambahnya.

Pengelolaan geosite mengacu pada 3 pilar yaitu konservasi, edukasi dan pertumbuhan ekonomi lokal. Melalui 3 pilar tersebut rangkaian acara Geopark Night Specta 4.0 memberikan penghargaan kepada masyarakat, beberapa kategori seperti Kategori Pilar Edukasi yang diberikan kepada Pokdarwis Jagad Lega, Kategori Pemberdayaan Masyarakat yang diberikan kepada Pokdarwis Nglanggeran, Kategori Konservasi yang diberikan kepada Pokdarwis Luweng Kalisuci, Kategori Pemberdayaan Masyarakat Geopark kepada HPI DPC Gunungkidul,  serta Kategori Edukasi kepada SMAN 1 Wonosari.

(Dimas &Yuni KKN UIN Sunan Kalijaga)