Semakin Terkenal, Desa Wisata Nglanggeran Semakin Meningkatkan Kualitas Akses Menuju Tempat Wisata Yang Ada

Semakin Terkenal, Desa Wisata Nglanggeran Semakin Meningkatkan Kualitas Akses Menuju Tempat Wisata Yang Ada

Sebagai salah satu desa wisata berkelanjutan yang sering menjadi rujukan bagi desa wisata lainnya di Indonesia, Desa Wisata Nglanggeran terus berupaya untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di sana.

Dengan prestasi yang gemilang bukan hanya di tingkat nasional tapi juga internasional, desa wisata yang terletak di Kecamatan Patuk, Gunungkidul ini terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya adalah dengan memperbaiki akses jalan menuju setiap destinasi yang ada di kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran ini.

Tentunya dengan semakin dikenalnya Desa Wisata Nglanggeran di kalangan turis domestik dan mancanegara, pihak pengelola terus berusaha untuk mengembangkan aspek pendukung baiknya sebuah destinasi wisata. Contohnya adalah dengan dilakukannya perbaikan jalan menuju Embung Nglanggeran dan Air Terjun Kedung Kandang.

Meskipun selama ini akses menuju Embung Nglanggeran dinilai sudah cukup baik, namun ada beberapa titik yang memerlukan pelebaran dan penguatan tanggul karena medannya yang berbatasan langsung dengan jurang.

Sedangkan untuk jalan menuju Air Terjun Kedung Kandang sendiri, beberapa titik jalan yang tadinya masih berupa tanah, dan dapat membahayakan pengunjung terutama disaat musim hujan tiba, kini sudah mulai diaspal seluruhnya.

Dengan adanya peningkatan kualitas prasarana ini, diharapkan pengunjung akan lebih mudah dan lebih nyaman untuk mengakses kedua destinasi wisata tersebut.

gambar1: perbaikan jalan masuk menuju Embung Nglanggeran.

English trans

Becomes More Famous, Nglanggeran Tourism Village Increases The Access To Its Destinations.

As one of referral sustainable tourism villages in Indonesia, Nglanggeran Tourism Village keeps upgrading its facilities and infrastructures.

One of the ways that they took to improve the quality of services they have is by repairing the roads to go to every destination in Nglanggeran Ancient Volcano Geopark area.

With the popularity that increases between domestic and international tourists, the administrator of Nglanggeran Tourism Village always tries to keep developing the supporting aspect as a referral tourist destination. For example by repairing the entrance roads to go to Embung Nglanggeran (Nglanggeran Village’s reservoir) and Kedung Kandang waterfall.

Although the entrance road to go to Embung Nglanggeran was in good condition, some parts of the road needed to be widened and the cliff dike had to be strengthened.

Meanwhile, the road to go to Kedung Kandang Waterfall has been repaired for the parts that haven’t been paved and can endanger visitors especially in the raining season.

With the improvement of the quality of the infrastructures at Nglanggeran Tourism Village, it is expected that it will be easier and more comfortable for visitors to access both of these destinations.