PRO DAN KONTRA KEBERADAAN MONYET DI GUNUNG API PURBA

PRO DAN KONTRA KEBERADAAN MONYET DI GUNUNG API PURBA

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan atraksi wisata utama di Desa Nglanggeran. Wisatawan sudah mulai mendaki sejak tahun 2004 tetapi baru dikelola mulai tahun 2007 dan kedatangan wisatawan yang membludak pada tahun 2015.

 Cerita kali ini dimulai tahun 2016 saya dan teman-teman kampus mengikuti program live in di Desa Wisata Nglanggeran. Ketika itu guide lokal kami mengatakan bahwa disana terdapat monyet, tapi saya dan teman-teman tidak menemukan. Sehingga kami mengira itu hanya rekayasa untuk menarik perhatian.

 Memasuki semester 7 saya dan seorang teman memilih untuk melaksanakan praktek kerja lapangan di Desa Wisata Nglanggeran. Kami lebih sering menghabiskan waktu di lokasi sekitar Gunung Api Purba sehingga mulailah melihat kenyataan bahwa cerita monyet yang dikatakan guide lokal saat itu bukan rekayasa. Awal mula saya merasa kaget lama-kelamaan sudah terbiasa mlihat monyet tersebut.

 

Menurut salah satu pengelola, populasi monyet di gunung sudah semakin banyak dan sedikit meresahkan. Pada musim kemarau biasaya para monyet lebih sering turun untuk mencari makanan. Monyet-monyet tersebut juga sering mengacak-acak tongsampah yang terdapat di jalur pendakian. 

 Beberapa waktu lalu ada dua orang wisatawan mancanegara ingin mendaki tetapi turun lagi. Ketika ditanya oleh kami yang sedang duduk di loket Gunung Api Purba ternyata alasannya yaitu mereka takut akan keberadaan para monyet. Populasi monyet yang semakin meningkat membuat beberapa pengunjung merasa takut.Sebagian pengunjung tidak merasa terganggu akan keberadaan sang monyet tetapi merasa senang dan penasaran. 

 

Keberadaan sang monyet menimbulkan pro dan kontra. Pada satu sisi keberadaan monyet membuat kegaduhan sampah berserakan dan kadang membuat takut wisatawan yang datang. Sisi lain keberadaan monyet menjadi potensi dayatarik wisata. Disayangkan belum adanya ide dan gerakan untuk menangani masalaj populasi monyet.

Bagaimana teman-teman pembaca kaliam termasuk dalam kelompok pro atau pun kontra? Jika kalian punya saran untuk masalah tersebut bisa mengisi komen dibawah tulisan ini. 

 Jangan lupa luangkan waktu kalian untuk berlibur!!

yuk ke Nglanggeran