Pengelola Gunung Api Purba kerjasama dengan Lab Terpadu UIN Sunan Kalijaga

Keunikan yang ada di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran membuat pengelola tergerak dan berusaha untuk menjaga keasliannya. Selain keunikan batuannya yang kasat mata sekali datang dan melihat kawasan ini ternyata terdapat keunikan di flora dan faunanya juga. Hal ini diketahui secara mendetail setelah adanya berbagai penelitian yang dilakukan dikawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Salah satunya adalah kegiatan penelitian yang dilakukan dari UIN Sunan Kalijaga terkait flora dan faunanya. Kegiatan dan kerjasama informal sudah terjalin sejak tahun 2010 dengan beberapa dosen dan mahasiswa dari UIN Sunan Kalijaga.

Seminar  Perintisan Nglanggeran sebagai Kawasan Wisata Ilmiah dan Situs Penelitian Botani

Seminar Perintisan Nglanggeran sebagai Kawasan Wisata Ilmiah dan Situs Penelitian Botani

Salah satu dosen peneliti yang fokus dan giat melakukan penelitian adalah Bapak Widodo, M.Pd. beliau yang merupakan dosen UIN Sunan Kalijaga pertama kali kenal dengan penulis (Sugeng Handoko). Berawal dari silaturahmi yang terjalin beberapa hasil penelitian dihasilkan dari pengamatannya di Gunung Api Purba Nglanggeran. Hingga sampai pada saat ini terjalin kerjasama secara resmi antara pengelola Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran dengan Lab Terpadu UIN SUKA.

Penandatanganan MOU Kerjasama Lab Terpadu UIN SUKA-Pengelola GAP

Penandatanganan MOU Kerjasama Lab Terpadu UIN SUKA-Pengelola GAP

Tanggal 16 April 2013 ditandatangani MOU kerjasama antara Laboratorium terpadu UIN Sunan Kalijaga dan Pengelola Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba tentang program konservasi dan pengembangan riset Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Sebelum penandatanganan MOU dilakukan ‘Seminar Perintisan Nglanggeran sebagai Kawasan Wisata Ilmiah dan Situs Penelitian Botani” dengan pembicara Kepala Lab Terpadu (Dr.M. Ja’far Lutffi), Dosen Program Studi Biologi dan Pendidikan Biologi Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Widodo, S.Pd, M.Pd. dan Pengelola Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba (Sugeng Handoko, S.T.).

Semoga kedepan kerjasama ini memberikan manfaat bagi masyarakat luas, ilmu manfaat bagi sejarah ilmu pengetahuan di Indonesia dan memperlancar diajukannya Gunung Api Purba menjadi Geopark. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)