PENGALAMAN LIBURAN SAMBIL BELAJAR DI DESA WISATA NGLANGGERAN

PENGALAMAN LIBURAN SAMBIL BELAJAR DI DESA WISATA NGLANGGERAN

Dalam rangka tugas penelitian sekolah, SMA Santa Maria melakukan kunjungan ke Desa Wisata Nglanggeran  pada hari Rabu, 17 oktober 2018.  kali ini  agenda kegiatannya adalah Trekking dan pengenalan kawasan Gunung Api purba, serta melihat tahapan proses Kegiatan Industri Griya Coklat ( Pembuatan pisang salut coklat dan dodol coklat, proses Packaging hingga penjualan.

Pada awal kegaitan, seluruh peserta SMA Santa Maria berkumpul di pendopo kalisong untuk mendengarkan beberapa arahan. Pemandu juga langsung membagi menjadi tiga kelompok, yaitu dibagi perkelas, yaitu kelas X, XI, XII, dengan penamdu yang telah ditentukan. Tugas pemandu disini adalah menjelaskan tentang GAP dan memandu samapai puncak dan kembali lagi ke pendopo.

Selama trekking para siswa tersebut belajar mengamati jenis batuan, tumbuhan dan hewan yang hidup disana. Hasil pengamatan tersebut menjadi tugas laporan bagi mereka. Dengan berbekal kamera sebagai dokumentasi gambar, mereka juga membawa secarik kertas untuk menulis apa saja yang mereka temukan disana.

Mereka terlihat sangat menikmati trekking tersebut, walaupun kelelahan mereka tetap bersemanagat karena tertarik dan penasaran dengan pemandangan di GAP. Disana mereka juga berfoto bersama rombongan.

Setelah kegiatan di GAP selesai, acara berikutnya menuju ke balai Desa gunung Butak untuk mengikuti kegiatan tentang cara pembuatan dodol dan pisang salut coklat. Disana sudah ada ibu-ibu Griya Coklat yang sudah siap membagikan ilmu mereka kepada anak-anak. Disana ibu-ibu langsung menyambut mereka dan menjelaskan tentang proses dan bahan-bahan pembuatan pisang salut dan dodol coklat. Kegiatan ini tidak dilakukan di Griya Coklat karena jumlah Siswi yang terlalu banyak sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan di Griya Coklat.

Setelah kegiatan pembelajaran selesai, barulah para sisiwi ini di ajak untuk berkunjung ke griya coklat. Disana mereka langsung dapat mencicipi minuman coklat yang sudah disediakan. Anak-anak  yang gemar coklat pun langsung membeli karna harga pisang salut coklat da nada produk yang harganya terjangkau dan rasanya enak.