Pawon Purba: Sensasi Kuliner Legendaris Sembari Nikmati Indahnya Alam Gunung Nglanggeran

Pawon Purba: Sensasi Kuliner Legendaris Sembari Nikmati Indahnya Alam Gunung Nglanggeran

Ketika berlibur ke suatu tempat, tentunya tak hanya mengunjungi tempat wisata saja, ada satu hal yang pasti selalu dilakukan yaitu makan. Setiap daerah pasti memiliki hidangan tersendiri yang menjadi khasnya dan juga identitas daerahnya. Desa Nglanggeran misalnya, tempat ini menyimpan banyak kuliner legendaries yang wajib untuk dicoba.

Bagi kamu yang berkunjung ke Desa Wisata ini, ada satu tempat kuliner yang tidak boleh untuk dilewatkan. Pawon Purba namanya. Di tempat ini, kita tak sebatas bisa menikmati menu masakan tradisional Gunungkidul saja, akan tetapi juga menikmati pemandangan bentangan sawah terasering dan apiknya gugusan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Warung makan yang didesain dengan konsep tradisional ini, dibangun oleh Aris Budiyono pada tahun 2019. Tak hanya dari masakannya saja, akan tetapi desain, interior bahkan peralatan makan dan masak yang digunakan pun juga menggambarkan suasana ketradisionalan.

Konsep tradisional tempat makan Pawon Purba(Sumber: www.catatannobi.com)

Aneka masakan serba khas Gunungkidul dapat ditemukan di tempat ini, mulai dari tumis daun papaya, sayur cabai hijau, terancam, urap, tempe garit goreng, tahu bacem, lele goreng dan masih banyak masakan tradisional lainnya. Dari semua masakan yang disediakan, satu yang paling memberikan kesan tradisional adalah jenis nasinya.  Disana ada nasi putih, nasi merah dan juga yang paling benar-benar khas dari daerah ini adalah nasi tiwul.

Menu Makanan Pawon Purba (Sumber: egindo.co)

Sejak didirikannya hingga saat ini, Pawon Purba menjadi tempat favorit bagi wisatawa yang ingin menikmati sajian kuliner khas Gunungkidul. Sensasi pedesaan yang didukung dengan kesan tradisional serta indahnya pesona alam yang tersuguh ketika menikmati makanan benar-benar menjanjikan pengalaman baru bagi wisatawan dalam berkuliner.