Nglanggeran yang Menginspirasi

Nglanggeran yang Menginspirasi

Kelompok Sadar Wisata Nglanggeran atau sering disebut POKDARWIS Nglanggeran merupakan komunitas atau masyarakat yang terdiri dari penduduk asli Desa Nglaggeran yang saling berinteraksi secara langsung di bawah sebuah pengelolaan dan memiliki kepedulian, serta kesadaran untuk berperan bersama sesuai keterampilan dan kemampuan masing-masing, memberdayakan potensi yaada bagi perkembangan kepariwisataan di wilayah Nglanggeran. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh komunitas atau masyarakat di desa wisata Nglaggeran memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan mendayagunakan aset dan potensi yang dimiliki.

Berawal dari desa yang terbelakang dan memiliki akses jalan menuju kota berupa jalan bebatuan menjadikan masyarakatnya bergerak dan berpikir maju untuk menggali potensi yang ada di Desa Nglanggeran. Kini Desa Wisata Nglanggeran menjadi inspirasi bagi desa-desa di daerah lain karena memiliki banyak potensi wisata tidak hanya potensi alamnya saja akan tetapi juga memiliki potensi yang berasal dari sumber daya manusia. Potensi alam yang dimiliki Nglanggeran seperti kawasan ekowisata Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran dan juga Air Terjun Kedung Kandang. Sedangkan untuk potensi sumber daya manusia POKDARWIS Nglaggeran mengembangkanya mejadi usaha bagi para warganya seperi Griya Cokelat yang menjual hasil olahan dari buah cokelat yang berasal dari petani setempat atau Peternakan Kambing Etawa yang juga mengelola hasil susunya. Adapun juga mengembangkan kreatifitas dan ketrampilan masyarakatnya dengan membangun Griya Spa dan Griya batik.  

Tentunya keberhasilan berkembangnya Desa Wisata Nglanggeran dilirik oleh masyarakat daerah di luar provinsi Yogyakarta. Banyaknya tokoh atau masyarakat dari luar daerah yang datang ke Nglanggeran untuk melakukan penelitian atau study banding mengenai proses dan cari kerja kegiatan yang selama ini ada di POKDARWIS Nglanggeran. Seperti kegiatan memnbuta batik di Griya Batik, membuat Dodol Cokelat di Griya Cokelat, belajar ternak dan memerah susu Kambing Etawa serta melakukan survey tempat di Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran, Air Terjun Kedung Kandang.

Selain itu, keberhasilan ini tak luput dari kerja kerasa masyarakat setempat dalam membangun dan mengembangkan Desa Wisata Nglanggeran untuk terus maju dan berkembang.