Musim Penghujan, Nglanggeran Semakin Menawan

Musim Penghujan, Nglanggeran Semakin Menawan

Cuaca cerah berlatarkan langit biru menawan serta sinar matahari yang bersinar adalah hal yang sangat didambakan oleh wisatawan ketika berlibur. Tentu saja agar mereka dapat menikmati perjalanan dan tempat rekreasi dengan nyaman serta agar mendapatkan view photo terbaik. Tak jarang, banyak traveler yang mengurungkan niatnya untuk berlibur ketika musim penghujan. Namun tahukah anda, bahwa di Nglanggeran, Gunungkidul ada beberapa tempat wisata yang justru indah dikunjungi ketika musim hujan? Hal ini dikarenakan pemandangan serta suasana terbaik dari wisata tersebut hanya akan muncul ketika musim penghujan.

Wisata terbaik yang bisa dikunjungi ketika musim hujan di Nglanggeran adalah Embung dan Kedung Kandang. Kedua tempat wisata tersebut akan memunculkan pemandangan terbaiknya ketika musim hujan. Pada musim tesebut, dijamin pengunjung akan mendapatkan view poto terbaik.

Embung Nglanggeran adalah sebuah telaga buatan yang berada di dataran tinggi, sehingga agar bisa menikmati pemandangannya anda harus sedikit berjalan naik melewati tangga. Namun jangan khawatir, karena ketika musim penghujan suasananya tidak terlalu panas dan tentu saja pemandangannya akan sangat mengesankan. Debit air di Embung Nglanggeran sangat bergantung pada air hujan, lantaran termasuk telaga tadah hujan. Ketika musim kemarau debit air di Embung akan berkurang, bahkan bisa jadi sampai mengering. Namun ketika musim hujan debit air akan meningkat, pada titik waktu tertentu telaga tersebut akan penuh oleh air hujan. Pemandangan Telaga dengan debit air penuh yang terletak diatas bukit, berlatar belakang awan dan langit biru serta hamparan alam yang hijau akan memanjakan mata anda. Nah, pemandangan ini akan sangat sulit ditemui ketika musim kemarau.

Wisata selanjutnya adalah Kedung Kandang. Wisata air terjun tersembunyi ini memang cukup unik. Air terjun ini sangat panjang dan bertingkat sehingga mampu membelah persawahan masyarakat setempat. Air terjun Kedung Kandang terbentuk dari gugusan batuan vulkanik bertingkat yang pada setiap tingkatannya memiliki cekungan dengan ukuran yang berbeda. Uniknya lagi ketika musim kemarau air tidak akan mengalir di tempat ini. Ketika musim hujan air akan mengalir sangat deras di sepanjang tingkatan air terjun, dan semua cekungan akan penuh terisi air.

Wisata di Nglanggeran menarik bukan? Jadi tunggu apalagi. Jangan biarkan musim hujan menghalangi liburan anda.