Mengenal Budaya dan Memperluas Wawasan Lewat Program Live In

Mengenal Budaya dan Memperluas Wawasan Lewat Program Live In

Live in adalah suatu program yang ada di desa Nglanggeran yang memiliki tujuan menarik wisatawan melakukan kegiatan di desa lebih dari 1 hari. Program live in ini meliputi paket wisata yang menyediakan paket wisata budaya, wisata pendidikan, wisata petualang dan masih banyak lagi. Biasaya yang mengikuti program live in ini lebih banyak wisatawan dari sekolah sekitaran Jogja sampai luar Jogja karena pendidikan yang ada di desa Nglanggeran jarang sekali ditemui di dalam sekolah.

Selain menikmati keindahan objek yang ada di desa Nglanggeran dalam program live in pengunjung akan mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai adat budaya yang ada di Nglanggeran, mulai dari belajar berbahasa jawa, belajar musik tradisional atau karawitan, mengenal pakaian adat jawa beserta filosofinya, kegiatan kenduri beserta maknanya dan belajar sekaligus mengetahui asal usul reog mataram. Dari wisata budaya yang ada di Nglanggeran ini bertujuan wisatawan merasakan adat budaya yang masih kental meskipun hampir hilang termakan oleh zaman. Dari sinilah selain menyalurkan ilmu budaya secara tidak langsung desa Nglanggeran mengajak para wisatawan untuk ikut melastarikan adat istiadat Indonesia.

 

Desa Nglanggeran juga memiliki wisata yang berbasis pendidikan yang mengajak wisatawan untuk merasakan menjadi orang desa sementara seperti melakukan aktivitas yang sering dilakukan sehari-hari oleh masyarakat Nglanggeran seperti membajak sawah, menanam padi, melihat proses pembuatan aneka ragam coklat dan susu kambing etawa, serta belajar membatik. Kegiatan live in selain sabagai sarana edukasi bagi wisatawan namun di sisi lain akan merubah karakter wisatawan menjadi lebih baik karena apa yang sudah disampaikan sampai pengaplikasianya dilakukan lebih dari sehari, semisal belajar bahasa unggah-ungguh disini wisatawan selain diajarkan berbahasa sopan wisatawan juga diharuskan selama berkegiatan di Nglanggeran harus menggunakan bahasa jawa. Semua ini bertujuan selain wisatawan menjadi warga desa sementara yang diharapkan di luar desa Nglanggeran wisatawan tersebut akan memiliki kenangan tersendiri serta dipraktikan di masyarakat umum.