Mau berwisata sambil belajar? Aktivitas ini bisa dilakukan di Desa Nglanggeran Lho!

Mau berwisata sambil belajar? Aktivitas ini bisa dilakukan di Desa Nglanggeran Lho!

Wisata edukasi atau yang dikenal dengan edutourism merupakan suatu program dimana wisatawan berkunjung ke suatu destinasi wisata dengan tujuan utama untuk memperoleh pengalaman pembelajaran secara langsung di destinasi wisata tersebut.  

Tidak hanya terkenal akan Gunung Api Purba, Desa Wisata Nglanggeran yang terletak di Patuk, Gunung Kidul juga memiliki berbagai aktivitas yang menyuguhkan pengalaman berwisata sambil belajar. Penasaran? Berikut adalah beberapa aktivitas wisata edukasi yang ada di Desa Nglanggeran:

 1.      Budidaya Kakao

Buah kakao atau cokelat adalah salah satu hasil perkebunan di Desa Wisata Nglanggeran. Sebagai daerah penghasil coklat, Desa Nglanggeran memiliki aktivitas wisata yang berkaitan dengan coklat yaitu budidaya kakao. Budidaya kakao merupakan salah satu aktivitas wisata edukasi yang ada di Desa Nglanggeran. Wisatawan yang datang dapat belajar proses budidaya kakao dari pembibitan, memetik, sampai proses fermentasi kakao.

2.      Dodol Kakao

Selain budidaya kakao, pembuatan dodol kakao juga bisa menjadi pilihan aktivitas edukasi wisatawan yang dapat dilakukan di Desa Wisata Nglanggeran. Wisatawan akan belajar proses pembuatan dodol  kakao dengan ibu-ibu PKK.

3.      Peternakan Kambing Etawa

Di Desa Wisata Nglanggeran terdapat juga atraksi agrowisata yang merupakan atraksi wisata yang memanfaatkan lahan pertanian dan peternakan sebagai daya tarik wisata dan aktivitas wisatawan. Salah satu aktivitas edukasi di agrowisata ini adalah wisata edukasi di Peternakan Kambing Etawa. Wisatawan akan diajak untuk belajar di Peternakan Kambing Etawa mulai dari asal-usul Kambing Etawa, memerah susu, sampai dengan proses memasak susu sampai meminum hasil susu yang sudah di perah.

4.      Hydroponik

Hydroponik adalah budidaya tanaman yang tidak lagi menggunakan tanah sebagai media tanam, tetapi memanfaatkan air yang telah diberi nutrisi untuk tanamanWisatawan dapat belajar tanaman hydroponik terintegrasi dengan peternakan.

5.      Batik Topeng

Wisata edukasi yang berhubungan dengan budaya sekitar adalah belajar melukis dan membatik topeng kayu di Batik Topeng. Selain itu, wisatawan juga dapat membeli buah tangan berupa topeng mulai dari topeng klasik dan topeng kontemporer, hiasan dari kayu mulai dari tempat tissue dan hiasan-hiasan lainnya.

6.      Kreasi Janur

Kreasi janur biasanya menjadi hiasan umbul-umbul di pinggir jalan maupun dekorasi pelaminan pesta pernikahan.Wisatawan dapat belajar kreasi janur (daun kelapa). kreasi janur dilestarikan agar wisatawan, masyarakat dan generasi mendatang tetap bisa menikmati seni janur.
7. Kegiatan Tanam Padi dan Bajak SawahTidak afdol rasanya jika berkunjung ke Desa tanpa bermain ke sawah. Yaaaa, aktivitas menanam padi dan membajak sawah merupakan salah satu wisata edukasi yang ditawarkan di Desa Nglanggeran. wisatawan dapat langsung mempraktekkan cara menanam padi sampai membajak sawah menggunakan sapi. Pengalaman yang hanya bisa dirasakan di desa, kaan!               
8. Kesenian LokalBanyak wisatawan yang datang ke suatu destinasi wisata karena tertarik dengan adat istiadat dan budaya lokal daerah tersebut. Di Desa Nglanggeran, wisatawan dapat belajar kesenian lokal jawa seperti gamelan, tarian jathilan, dan tari-tarian lainnya.Jadi, banyak pilihan aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung di Desa Nglanggeran. Sehingga, wisatawan bukan hanya berwisata, namun juga dapat mendapat pelajaran/edukasi sambil melakukan perjalanan wisata