Masih Ada Warung Kejujuran di Jaman Now?

Masih Ada Warung Kejujuran di Jaman Now?

Pernahkah kalian berkunjung ke Gunung Api Purba? Jika pernah, tentu kalian akan menemui keunikan pada jalur turun Gunung Api Purba, di jalur keluar terdapat sebuah warung yang tidak ada penjaganya. Warung tersebut adalah warung kejujuran, warung kejujuran ini menyediakan aneka minuman dingin. Bagi para pengunjung yang merasa haus dan butuh pelepas dahaga bisa membeli minuman dingin di warung ini, harga setiap produk juga sudah tertera. Di dekat box minuman biasanya terdapat toples yang berisi uang, pengunjung dapat memasukan uang pembelian dan mengambil uang kembalian pada toples tersebut.

Warung kejujuran ini adalah milik Pak Paeran. Awalnya warung ini dijaga, namun karena masih memiliki pekerjaan lainnya maka beliau tidak memiliki waktu luang untuk menjaga warung tersebut. Akhinya, warung ini sekarang tidak dijaga lagi, dan beliau menerapkan konsep warung kejujuran. Hasil yang didapatkan juga lebih banyak daripada ketika warungnya ditunggu.

Pak Paeran biasanya mengecek warungnya dua kali dalam sehari setiap pagi dan sore. Pengecekan ini dilakukan untuk menambah stok minum yang sudah habis dan untuk mengambil hasil penjualan pada setiap harinya. Warung kejujuran ini sangat menarik, karena warung ini mengingatkan pada setiap pembelinya mengenai tanggung jawab terhadap sesuatu yang dilakukan.

Pak Paeran juga tidak takut akan kehilangan uang atau barangnya, menurutnya bila ada orang yang mengambil uang atau barang diwarungnya maka Allah akan memberikan rezeki yang lebih banyak untuknya