Kunjungan Mahasiswa Universitas Siliwangi ke Desa Wisata Nglanggeran

Kunjungan Mahasiswa Universitas Siliwangi ke Desa Wisata Nglanggeran

Rabu (8/01/2020), mahasiswa Pendidikan Geografi, Universitas Siliwangi yang beralamat di Tasikmalaya, Jawa Barat mengunjungi Desa Wisata Nglanggeran. Kunjungan tersebut dilakukan selama dua hari, dalam rangka Praktikum Kuliah Lapangan (PKL).

Pada hari rabu, pukul 18.00 rombongan mahasiswa Pendidikan Geografi, Universitas Siliwangi tiba di Desa Wisata Nglanggeran. Setelah itu mereka diarahkan menuju Homestay milik warga setempat untuk bermalam dengan menggunakan mobil lokal (pickup).

Dalam kegiatan tersebut, mereka mengunjungi 3 lokasi wisata, yaitu Gunung Api Purba, Embung, dan Griya Cokelat.

Dini hari, pukul 04.00 mereka dibangunkan oleh pemandu dari Gunung Api Purba, lalu diarahkan menuju pendopo yang terletak di kaki gunung. Setelah itu pendakian dimulai. Perjalanan yang dilalui cukup terjal dan licin, memakan waktu kurang lebih selama satu setengah jam hingga sampai di puncak. Lelah selama perjalanan terbayarkan dengan keindahan hamparan pemandangan alam. Sembari menikmati panorama alam yang ditawarkan, mereka juga belajar secara langsung mengenai batuan dan sejarah terbentuknya Gunung Api Purba. Pemandu wisata Gunung Api Purba, Lilik Suharyanto pun menjelaskan mengenai awal mula terbentuknya Desa Wisata Nglanggeran. Setelah selesai pemaparan materi dan berswafoto ria mereka kembali ke Homestay untuk membersihkan diri.

Perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi wisata Embung yang berjarak sekitar 2 km dari Gunung Api Purba dengan menggunakan mobil pickup. Selama perjalanan mereka menikmati pemandangan pegunungan yang indah sembari mengamati keanekaragaman hayati yang ada. Setibanya di lokasi, mereka harus menaiki tangga yang cukup tinggi agar dapat menikmati keindahan Embung. Lalu mereka mendapat penjelasan mengenai embung. Setelah pemaparan singkat selesai, mereka bebas berswafoto di tempat-tempat yang memang sudah didesain seindah mungkin.

Kunjungan yang terakhir adalah Griya Cokelat. Tempat ini merupakan pusat pengolahan cokelat di Desa Nglanggeran. Di tempat ini mereka melihat proses pengolahan cokelat serta menikmati berbagai hasil olahannya. Tak lupa, mereka juga membeli berbagai olahan cokelat yang memang cukup langka dan unik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.