Kolaborasi Desa dengan Pokdarwis dalam Pengembangan Kawasan EKowisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Kolaborasi Desa dengan Pokdarwis dalam Pengembangan Kawasan EKowisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Dalam pengembangan dan pembangunan tempat wisata haruslah dikembangkan dan dikelola dengan baik, karena hal ini diharapkan dapat memberikan dampak yang baik dan mamfaat secara berkelanjutan/ SUSTANABLE dalam satu kawasan Destinasi wisata.  Begitu pula dengan tempat wisata Gunung Api Purba  yang ada di Desa Nglanggeran, Kec.Patuk, Kab.Gunungkidul.

Dari berbagai potensi wisata yang dimiliki Gunung Api Purba yang banyak memberikan dampak dan penghasilan yang semakin meningkat untuk mensejahterakan masayarakat yang tinggal di Desa Nglanggeran tidak menjadikan para pengelola dan masyarakat merasakan kepuasan begitu saja. Namun Pengelola, Masyatarkat, dan Desa semakin antusias dalam meningkatkan potensi dan pengembangkan sarana prasarana yang ada di Gunung Api Purba (GAP) guna memberikan fasilitas yang lebih baik bagi wisatawan sehingga wisatawan yang berkunjung ke Gunung Api Purba Mampu merasakan kepuasan dan kenyamanan saat berkunjung Selain ikut merasakan dampak dari potensi wisata yang ada di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba (GAP).

Dapat dilihat bahwa Desa tidak hanya menikmati dan merasakan hasil begitu saja saja, namun Desa juga meberikan peran penting dalam meningkatkan potensi di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba (GAP).Salah satu peran yang dilakukan oleh Desa adalah dengan ikut berkontribusi dalam penganggaran di Desa dalam membangun sarana prasarana dalam pengembangan atraksi wisata sehingga hal ini dapat memberikan kepuasan dan kenyaman bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba

Pembangunan jalan alternatif untuk memudahkan para wisatawan yang ingin naik kesalah satu atraksi wisata yang ada di Desa Nglanggeran yaitu kawasan Gunung Api Purba.

Kaloborasi  yang dilakukan oleh Desa tersebut sangat membantu Pokdarwis dalam pengembangan dan pengelolaan Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba (GAP) dalam membangun dan mengelola potensi wisata di  Nglanggeran. Sebab tempat wisata akan semakin berkembang dengan baik apabila pihak-pihak yang terkait sama-sama berperan dan bekerja sama demi keberhasilan dan mamfaat yang akan di peroleh bersama-sama.