Kenduri, Tradisi Leluhur Yang Di Uri-Uri Masyarakat Nglanggeran

Kenduri, Tradisi Leluhur Yang Di Uri-Uri Masyarakat Nglanggeran

Nglanggeran dikenal dengan desa yang masih kental akan adat dan istiadatnya. Berbagai ragam budaya masih dilestarikan oleh masyarakat di desa ini, salah satunya adalah upacara kenduri.

Upacara Kenduri yang dilakukan oleh masyarakat Nglanggeran merupakan ritualisasi sebagai wujud pengabdian dan ketulusan penyembahan kepada sang pencipta atau sama halnya denggan bentuk semangat bersedekah dalam ajaran islam. Adapun hal tersebut diwujudkan dalam bentuk simbol-simbol tertentu yang memiliki makna tersendiri sesuai dengan ajaran kejawen. Simbol-simbol tersebut diantaranya adalah diwujudkan dalam bentuk makanan yang disajikan didalam upacara kenduri itu sendiri. Misalnya seperti tumpeng yang memiliki makna bahwa kalau kita bekerja harus dengan sungguh-sungguh agar hasil yang diperoleh memuaskan atau ingkung (ayam yang dimasak utuh dan dibumbui dengan santan juga rempah-rempah, merupakan sesaji utama dalam kenduri) yang memiliki makna melakukan doa dengan khitmat. Nantinya sajian makanan tersebut akan didoakan oleh salah satu orang yang dituakan di desa tersebut atau yang biasa disebut dengan Modin.

Bagi Masyarakat Desa Nglanggeran sendiri, selain penjamuan makan, upacara kenduri ini juga merupakan salah satu wadah untuk bersilahturahmi, menjaga keakraban atar sesama masyarakat, dan juga ajang bertuar cerita. Dalam hal ini, kerukunan antar masyarakatpun dapat tercipta karena mereka selalu berinteraksi. Seperti halnya kenduri dalam rangka selametan atas dibangunnya Griya Cokelat Produksi Bubuk yang baru-baru ini dilakukan.

(Kenduri peresmian Griya Cokelat Produksi Bubuk Desa Nglanggeran)

Masyarakat Jawa memiliki nilai dan normanya sendiri yang mereka gunakan sebagai pedoman hidup. Mereka tidak bisa lepas dari budaya jawanya karena mereka menganggap bahwa budaya tersebut memiliki nilai yang tinggi dan akan menjunjung identitas wilayahnya, tak terkecuali dengan budaya yang ada di Desa Nglanggeran.