Kemeriahan Pesta Kembang Api di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba

Malam Senin, 31 Desember 2012 merupakan hari yang ditunggu oleh seluruh masyarakat untuk merayakan malam perganitau tahun menuju tahun baru 2013. Hal itu juga dinantikan oleh pengelola kawasan ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Agenda rutin tahunan pesta kembang api selalu dilakukan sejak 3 tahun terakhir yang merupakan gagasan dari pemuda pengelola Gunung Api Purba. Tujuannya adalah untuk melakukan kegiatan pengenalan (promosi) tempat wisata baru ini, selain itu juga untuk memberikan pilihan lokasi tempat untuk merayakan pesta kembang api untuk mengurai kemacetan yang ada di kota-kota atau di Yogyakarta khususnya

Tahun Baru 2013 di Puncak Timur Gunung Api Purba

Tahun Baru 2013 di Puncak Timur Gunung Api Purba

Pesta kembang api tahun 2013 ini berbeda dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya,pengelola membuat paket wisata untuk keluarga dan pelajar. Paket ini diperuntukan bagi mereka yang ingin menikmati malam tahun baru dengan tinggal di home stay, mendapatkan kembang api dan pesta kembang api dipuncak, makan makanan ala khas desa dan juga menyaksikan sun rise dari puncak sisi timur Gunung Api Purba dimana tinggal disana kelompok misteri 7 Kepala Keluarga. Antusiasme peserta yang mengikuti sangat banyak. Tamu yang menginap di home stay dari tangerang, Jakarta, semarang dan bebeapa tamu lokal Yogyakarta yang mengambil paket home stay ini mencapai 57 orang. Pengelola membatasi untuk maksimal 50 peserta untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal. Namun rombongan dari Jakarta yang merupakan rombongan lain belum reservasi tapi pingin mengikuti juga secara spontan kita respon untuk bisa tinggal di home stay.

Para pengunjung mengaku memilih merayakan pesta kembang api di Gunung Api Purba karena untuk menghindari kemacetan, mendapatkan suasana baru, dan bisa menikmati keindahan Gunung Api Purba, suasana malam kota jogja dari puncak serta indahnya sun rise di tahun yang baru. Moment ini menjadi moment berkumpul bersama keluarga. Walau kondisi hujan gerimis dimalam hariya peserta sangat antusias untuk tetap naik sampai gardu pandang pertama dan menyalakan kembang api secara bersamaan.

Pengelola sangat senang bisa mendampingi dan memberikan suguhan paket wisata tahun baru kepada wisatawan mayoritas luar Yogyakarta ini karena mereka juga memberikan masukan dan saran untuk pengembangan Gunung Api Purba Nglanggeran yang merupakan wisata baru di Jogja yang dikelola oleh pemuda dengan konsep ekowisata berwawasan lingkungan berbasis masyarakat. Tercatat disekretariat pengelola sekitar 1500an pengunjung dalam kurun waktu 2 hari 31 Desember 2012 hingga 1 Januari 2013 ini. Semoga kami sebagai pengelola bisa terus meningkatkan layanan dan variasi kegiatan atraksi wisata di Gunung Api Purba. Amin… Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)