Kemeriahan Kenduri Gunung

Kemeriahan Kenduri Gunung "Mangayubagya Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY"

Suka cita masyarakat Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, D.I.Yogyakarta terpancar saat Kenduri Gunung Mangayubagya Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur D.I.Yogyakarta. Kenduri wujud syukur dan ungkapan bahagia itu dilakukan dibeberapa titik di D.I.Yogyakarta. Desa Nglanggeran menjadi salah satunya, sebagai tuan rumah pelaksana “Kenduri Gunung dalam Mangayubagya Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY”

Meskipun persiapan kegiatan sangat singkat (sekitar satu minggu), namun berkat kekompakan masyarakat Desa Nglanggeran serta dinas dan instansi terkait yang juga di support oleh Dinas Pariwisata Yogyakarta, Kenduri Gunung dapat terealisasi dengan meriah.

Berbagai pemangku kepentingan D.I.Y, Kabupaten Gunungkidul, Kecamatan Patuk menghadiri acara Kenduri Gunung di Desa Nglanggeran Sabtu, 21 Oktober 2017 lalu. Meski kehadiran Gubernur diwakili oleh Asisten Keistimewaan D.I.Y, namun tidak mengurangi kehikmatan dan kemeriahan acara.

Tradisi Kirab Budaya yang rutin dilakukan di Desa Nglanggeran setiap tahunnya juga masuk dalam rangkaian acara inti Kenduri Gunung, namun bedanya kali ini yang dilakoni adalah Kirab Tumpeng Ageng yang dibawa oleh masyarakat Desa Nglanggeran dari 5 dusun. Masyarakat membawa serta makanan untuk Kembul Bujana (makan bersama) ke plataran Parkir Embung Nglanggeran.

Setelah melewati serangkaian prosesi kenduri, Doa Mangayubagyo, suasana semakin cair dan hangat saat Tayub dan Kambul Bujana.

 

 

Tidak hanya sampai disitu, rangkaian acara berlanjut dengan Panggung Rakyat Terbuka, dimana masyarakat dimanjakan dengan musik campur sari ataupun orkes melayu.

Hiburan masyarakat tentunya belum lengkap tanpa adanya pertunjukan Wayang Kulit, kesenian ini masih menjadi primadona bagi masyarakat Desa Nglanggeran. Maka saat malam hari sederatan panjang rangkaian acara Kenduri Gunung ditutup dengan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan Dalang Gilang Thomas.

 

Kami Pengelola Desa Wisata Nglanggeran mewakili segenap perangkat Desa, Tokoh masyarakat dan Masyarakat Desa Nglanggeran mengucapkan “Selamat atas pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur D.I Yogyakarta 2017. Semoga senantiasa amanah dan mampu membangun keharmonisan bagi masyarakat D.I Yogyakarta”.

Salam dari Desa, Salam JOGJA ISTIMEWA