Indahnya Sunrise di Puncak Gunung Gedhe Nglanggeran

Indahnya Sunrise di Puncak Gunung Gedhe Nglanggeran

Sunrise adalah salah satu moment yang dicari-cari oleh para pendaki gunung tak terkecuali para pendaki di puncak Gunung Gedhe (puncak bagian barat Gunung Api Nglanggeran). Membutuhkan waktu sekitar 50-60 menit untuk bisa sampai ke lokasi puncak yang berada diketinggian 700mdpl. Puncak tersebut dijadikan sebagi salah satu spot terbaik untuk berburu sunrise.

Namun untuk menuju spot terbaik tersebut perlu perjuang yang cukup sulit sebab jalan yang dilalui untuk sampai puncak sedikit sulit. Gunung Api Purba terdiri dari tangga yang terbuat dari bebatuan sehingga jalan menuju puncak pun banyak terdapat bebatuan serta tanah, jika hujan turun sebelum atau saat melakukan pendakin harap berhati-hati sebab jalanan akan menjadi sangat licin. Terdapat 5 post yang akan dilalui jika pergi menuju puncak. Salah satunya adalah post satu, kita akan menjumpai jalanan yang diapit dua bukit bebatua sehingga terasa seperti lorong yang sempit. Di jalani ini pula terdapat tangga kayu dan sebuah batu besar yang tersangkut oleh kedua bukit bebatuan tersebut. Lalu di post ketiga kita juga akan menjumpai sebuah terowongan bebatuan akan tetap ketika meliwatinya para pendaki perlu merunduk sebab atap langitnya cukup rendah.

Melakukan start pendakian pada pukul 5 pagi dan akan sampai di puncak pada pukul 6 pagi adalah waktu yang pas untuk melihat serta menikmati sunrise. Di atas puncak para pendaki dapat menikmati pemadangan seperti Embung Nglanggeran, hamparan hutan dan pantai di sepanjang pinggiran Gunung Kidul, Yogyakarta.

Seperti kata pepata yang mengatakan “usaha tidak pernah mengkhianati hasil” seperti itulah perjalan yang dilalui untuk mencapai puncak Gunung Gedhe di Gunung Api Nglanggeran.