Griya Cokelat Nglanggeran mewakili Kabupaten Gunungkidul dalam Lomba APN 2017

Griya Cokelat Nglanggeran mewakili Kabupaten Gunungkidul dalam Lomba APN 2017

Upaya peningkatan kualitas dan pengakuan produk local yang lebih meluas dan terpercaya, Griya Cokelat Nglanggeran (GCN) pada 28 Agustus 2017 mengikuti perlombaan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara  (APN) DIY Tahun 2017. Pada tahap awal Tim perwakilan  GCN melakukan presentasi dihadapan juri, sebagai langkah pertama untuk ketahap berikutnya.

Tahap seleksi pertama berbuah manis dengan masuknya GCN pada proses survey yang dilakukan oleh juri. Kunjungan TIM juri pada tahap kedua dilakukan kemarin 04 September 2017 yang berlangsung sekitar dua jam di Griya Cokelat Nglanggeran. Adapun yang termasuk dalam agenda penjurian yaitu melihat secara langsung wujud nyata dari kegiatan yang ada di GCN, wawancara dan diskusi bersama.

Dikarenakan GCN masuk pada kategori Pelaku, Industri/Teknologi Perakitan Pangan Olahan, maka seluruh pihak terkait di libatkan dalam pemaparan dan tanya jawab, salah satunya Ketua Gapoktan Desa Nglanggeran bapak Hadi Purwanto. Bersamaan dengan kegiatan ini maka juri juga melakukan penilaian mendalam dan menyeluruh terhadap setiap elemen yang terdapat di GCN.

Selama berlangsungnya tanya jawab, Juri dan Timnya juga turut menikmati minuman cokelat “chocomix” dan kudapan yang merupakan produk dari GCN, ketertarikan tamu akan produk GCN adalah ketika usai penjurian rombongan turut memborong produk dari Griya Cokelat Nglanggeran.

Semoga dengan mengikuti lomba APN ini Griya Cokelat Nglanggeran mendapatkan manfaat dan evaluasi baru dalam pengembangannya untuk bisa mengepakkan sayap lebih lebar lagi demi membangun Desa dan memberdayakan masyarakat lokal.