Griya Cokelat Nglanggeran dikunjungi Team expert PUM Netherlands, berpeluang Training ke Belanda

Griya Cokelat Nglanggeran dikunjungi Team expert PUM Netherlands, berpeluang Training ke Belanda

Griya Cokelat Nglanggeran mendapatkan kunjungan dari salah satu expert PUM Netherlands yaitu Mr Catrinus van der Sluis. Mr Catrinus merupakan expert bidang food processing khusunya dairy (olahan susu) dan makanan fermentasi lainnya. Rombongan yang turut serta dalam kunjungan tersebut antara lain representatif PUM Netherlands wilayah Yogyakarta dan Solo yaitu Ibu SR Yunastutis, para staf, dan beberapa UMKM dampingan PUM di Netherlands Yogyakarta.

Tamu ini merupakan tamu yang dibawa oleh BPTBA LIPI Yogyakarta. Di BPTBA LIPI rombong diterima oleh Kepala BPTBA LIPI bapak Hardi Julendra, beserta jajarannya. Pada kesempatan tersebut, bapak Kepala BPTBA LIPI menyampaikan harapannya untuk dapat bekerjasama lebih lanjut dengan PUM Netherlands dalam rangka penguatan program pendampingan UKM yang merupakan salah satu tugas utama BPTBA LIPI selain melakukan penelitian di bidang pangan, pakan dan bahan alam. Setelah melakukan ramah tamah dan perkenalan masing - masing, dan diskusi serta konsultasi tentang berbagai proses olahan pangan, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke ruang proses yaitu Pengemasan makanan tradisional dan olahan bubuk kakao. 

Mr Catrinus melihat kegiatan proses olahan pangan yang dilakukan  di BPTBA LIPI, kemudian menuju ruang proses bubuk cokelat. Mr Catrinus terkesan dengan Program pendampingan yang dilakukan LIPI kepada UKM untuk olahan cokelat skala home industri. Selanjutnya adalah melakukan kunjungan lapangan ke Griya Cokelat Nglanggeran di Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Gunungkidul sebagai salah satu wujud outlet UKM olahan cokelat dampingan BPTBA LIPI hasil kerjasama dengan Pemda Gunungkidul dan Bank Indonesia cabang Yogyakarta yang berhasil. 

Mr Catrinus sangat terkesan dengan produk - produk olahan cokelat di Griya Cokelat Nglanggeran, khususnya coklat batang, dodol cokelat, pisang salut cokelat serta minuman cokelat Chocomix. Pada kesempatan tersebut Mr Catrinus berinteraksi langsung dengan ibu - ibu pengelola Griya Cokelat Nglanggeran dan melihat langsung proses pembuatan cokelat batang. Beberapa hal penting yang disampaikan dalam diskusi antara lain adanya peluang bagi Griya Cokelat Nglanggeran dan BPTBA LIPI untuk mendatangkan senior expert pada bidang olahan cokelat dan pemasaran produk.

Pada kesempatan itu juga,  representatif PUM Netherlands Ibu SR Yunastutis juga menjelaskan apa itu PUM Netherlands kepada bapak Hadi selaku ketua Gapoktan Kumpulan Makaryo petani kakao Nglanggeran dan pengelola Griya Cokelat Nglanggeran dan bagaimana langkah yang dapat dilakukan agar bisa mengakses kerjasama baik untuk pendampingan, training ke Belanda juga bantuan peralatan yang disupport oleh PUM.

Seperti yang kita tahu, PUM singkatan dari 'Programma Uitzending Manajer' dari Belanda untuk 'Manajer Deployment Program'. PUM Netherlands merupakan organisasi nirlaba yang berdiri hampir 40 tahun di Belanda yang beranggotakan para senior expert dan konsultan ahli yang bertugas memberikan konsultasi dan pendampingan untuk UKM di berbagai negara di dunia. Kehadiran Mr Catrinus dan representatif PUM Netherlands semoga menjadi titik awal bagi Griya Cokelat Nglanggeran untuk lebih maju dan berkembang lagi.

Mr Catrinus menyampaikan hal yang mengesankan lainnnya adalah menu makan siang makanan tradisional khas Patuk yaitu sompil, sayur lombok ijo dan peyek kacang.Tetap Semangat dan Terus Berkarya. Salam Manis dari Cokelat Asli lereng @GunungApiPurba. Mari Membangun Indonesia melalui Desa.