Desa Wisata Nglanggeran Menjadi Langganan Tempat Syuting

Desa Wisata Nglanggeran Menjadi Langganan Tempat Syuting

Nama Desa Wisata Nglanggeran memang sudah mulai dikenal banyak turis baik lokal maupun internasional. Selain menawarkan wisata susur alam pegunungan ala Gunung Api Purba, destinasi yang dinobatkan sebagai desa wisata berkelanjutan terbaik se-ASIA ini juga menawarkan indahnya pemandangan hutan-hutan hijau dari Embung Nglanggeran dan segarnya air pegunungan yang disuguhkan oleh air terjun Kedung Kandang.

Saking terkenalnya, Nglanggeran rupanya sudah menjadi langganan sebagai tempat pengambilan gambar, baik untuk program televisi maupun untuk adegan film layar lebar. Diantaranya program-program reality show terkenal seperti My Trip My Adventure (MTMA), Para Petualang Cantik, dll. Bahkan MTMA sendiri sudah berlangganan mengambil latar di Desa Nglanggeran kurang lebih sebnayak 6 kali.

Hal itu tidak mengherankan karena selain puncak GAP, Desa Wisata Nglanggeran juga menawarkan berbagai spot olahraga ekstrim seperti panjat tebing, rapling, tyroleans, dan cliff swing.

gambar 1: Proses syuting MTMA (sumber: nglanggeran-patuk.desa.id)

Selain itu, beberapa sinema terkenal tanah air juga pernah mengambil adegan di Nglanggeran juga loh. Diantaranya adalah film Habibie dan Ainun, Jendral Soedirman, Misteri Gunung Merapi yang tayang di platform I-flix, dan sebagainya.

Meskipun sering dijadikan sebagai tempat shooting dan setiap minggunya dikunjungi oleh ratusan pengunjung, keasrian GAP, Embung Nglanggeran, maupun Air Terjun Kedung Kandang masih terjaga dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran para pengurus POKDARWIS Nglanggeran (Kelompok Sadar Wisata Nglanggeran), warga sekitar, dan juga wisatawan yang berkunjung.gambar 2: Proses syuting Jenderal Soedirman (sumber: twt @GunungApiPurba)