Desa Wisata Nglanggeran memperoleh Peghargaan CBT Asean  di Singapore.

Desa Wisata Nglanggeran memperoleh Peghargaan CBT Asean di Singapore.

Jum’at 20 Januari 2017 menjadi hari bersejarah dan membahagiakan bagi kami team pengelola Desa Wisata dan Masyarakat Desa Nglanggeran. Peghargaan Desa Wisata Terbaik didapatkan dalam kegiatan ini bersama 2 Desa Wisata lain yaitu Desa Wisata Panglipuran, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali dan Desa Wisata Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

ASEAN CBT Award 2017 merupakan 1st ASEAN CBT Award yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan ASEAN Tourism Forum 2017. Kementerian Pariwisata mengirim 3 (tiga) desa wisata yang telah terseleksi dari kegiatan Apresiasi Usaha Masyarakat Bidang Pariwisata Tahun 2016 sebagai desa wisata yang dinilai berhasil menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat / Community Based Tourism (CBT) untuk menerima ASEAN CBT Award.

Kriteria penilaian desa wisata tersebut diadopsi dari ASEAN CBT Standard, yaitu sebagai berikut :

  1. Kepemilikan dan kepengurusan oleh masyarakat
  2. Kontribusi terhadap kesejahteraan sosial
  3. Kontribusi untuk menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan
  4. Mendorong terjadinya partisipasi interaktif antara masyarakat lokal dengan pengunjung (wisatawan)
  5. Jasa perjalanan wisata dan pramuwisata yang berkualitas
  6. Kualitas makanan dan minuman
  7. Kualitas akomodasi
  8. Kinerja Friendly Tour Operator (FTO)

Saya (Sugeng Handoko) yang mewakili menerima penghargaan tersebut merasa senang dan bangga, serta bersyukur atas kesempatan ini. Karena bisa berjejaring dan belajar dari  pengalaman pegiat CBT lainnya.

Harapan kedepan bagi kami bisa mempertahankan prestasi ini, melakukan perbaikan dan inovasi secara berkelanjutan dan tetap memegang teguh nilai-nilai kriteria CBT yang baik. Karena itu adalah roh dari pengembangan dan proses menuju kesejahteraan bersama dimana masyarakat memiliki peran bersama untuk terlibat langsung mengelola asset dan potensi yang dimiliki serta mendapatkan hasil keuntungan dari usaha keras mereka. Sehingga peningkatan perekonomian, peningkatan kesadaran menjaga lingkungan, kekuatan menghargai dan mempertahankan kearifan lokal serta keunikan Desa atau kawasan akan semakin kuat.

Sebagai penutup saya ingin mengajak ayo kunjungi Desa Wisata Nglanggeran, Desa yang kini sudah menjadi Desa berkembang dan diakui oleh Dunia Internasional, pertama merupakan Geosite di Gunung Sewu Unesco Global Geopark. Unesco sudah mengakui dan di Indonesia baru ada 2 yakni Geopark Gunung Batur di Bali dan Geopark Gunung Sewu yang juga termasuk kawasan kami.

Kedua, diakui menjadi Desa Wisata Terbaik merupakan predikat yang tidak dimiliki oleh semua Desa di Indonesia, bahkan tahun ini hanya 3 Desa yang diapresiasi yaitu selain Desa Wisata Nglanggeran ada Desa Panglipuran, Bangli, Bali dan Desa Dieng Kulon, Banjarnegara Jateng. Semoga Barokah, mari membangun Indonesia dari Desa.