Berburu Oleh-oleh Khas dari Nglanggeran

Berburu Oleh-oleh Khas dari Nglanggeran

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke daerah wisata adalah berburuh oleh-oleh khas dari daerah wisata tersebut. Tidak terkecuali jika sedang pergi berlibur di Gunung Api Purba Nglanggeran jangan lupa untuk berburu oleh-oleh di pusatnya oleh-oleh Nglanggeran yaitu Griya Cokelat. Griya Cokelat Nglanggeran merupakan pusat oleh-oleh yang menjual berbagai macam minuman, makanan ringan serta produk kecantikan yang terbuat dari cokelat asli khas Nglanggeran.

Dodol Cokelat Nglanggeran merupakan ikonnya Griya Cokelat. Pada umumnya dodol terbuat dari santan kelapa, tepung ketan , garam, gula pasir dan gula merah. Akan tetapi dodol dari griya cokelat ini berbeda para pembuatnya mengganti gula merah dengan bubuk cokelat murni sehingga terciptalah Dodol Cokelat Nglanggeran.  Adapun produk lain yang juga menjadi unggulan di Griya Cokelat seperti Bakpia Cokelat yang bagian kulit dan isiannya terbuat dari cokelat.  Terdapat juga keripik pisang cokelat, kecipir cokelat, kukis cokelat, kacang telur cokelat dan masih banyak lagi makanan yang bahan utamanya berasal dari cokelat.

Selain itu, ada 5 variasi minuman dari cokelat yang diolah oleh ibu-ibu setempat seperti Chocomix-tawa, Chocomix, Chocomix-classic, Chocomix-fee dan Chocomix-ice. Dari varian minuman tersebut memiliki bahan pembuatan yang berbedaa seperti Chocomix-tawa terbuat dari bubuk cokelat dan bubuk susu kambing etawa asli budidaya Nglanggeran, lalu ada Chocomix yang memiliki kandunga 50% cokelat asli yang berbeda dengan Chocomix-classic yang kadungan cokelatnya sampai 75%. Kemudian ada Chocomix-fee yang terbuat dari cokelat bubuk dan bubuk kopi serta ada Chocomix-ice yang sengaja diciptakan khusus untuk produk minuman dingin. Selain minuman dari cokelat ada juga minuman rempah lainnya seperti Wedang Uwuh dan Wedang Jahe.

Produk yang sedang di kembangkan di Griya Cokelat adalah produk kecantikan. POKDARWIS Nglanggeran sedang dalam tahap membangun Griya Spa yang lokasinya tepat di belakang Griya Cokelat. Saat ini Scrub atau lulur mandi cokelat merupakan satu-satunya produk kecantikan di Griya Cokelat.

Tidak perlu khawatir mengenai harga minuman, makanan dan produk kencantikan yang dijual di Griya Cokelat. Harga yang dipatok cukup terjangkau berkisar dari Rp 10.000,00 hingga yang paling mahal Rp 50.000,00.