Berbenah Untuk Fasilitas Desa Wisata Nglanggeran 2019 Lebih Baik

Berbenah Untuk Fasilitas Desa Wisata Nglanggeran 2019 Lebih Baik

Pariwisata merupakan ilmu yang multidimensi sehingga untuk kelancaran pembangunan perlu dukungan dari berbagai sektor. Beberapa tahun belakang ini pariwisata Jogjakarta khususnya daerah Gunungkidul terus berkembang. Atraksi wisata alam menjadi dayatarik bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. 

 Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan membuat pemerintah konstrentasi membenahi pariwisata khususnya amenitas dan aksesibilitas untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Pada tahun 2018 Desa Nglanggeran ada dua program besar dari pemerintah yaitu pembangunan amphitheatre dan akses menuju Air Terjun Kedung Kandang. 

 

Kawasan Embung Nglanggeran yang memiliki background pemandangan Gunung Api Purba dan lapangan parkir luas membuat beberapa acara dilaksanakan disana. Lama-kelamaan munculnya keresahan karena acara yang ramai mengganggu kenyamanan area parkir, sehingga munculnya ide untuk membangun panggung permanen. Dinas Pariwisata Jogjakarta membantu pendanaan pembangunan panggung permanen di Embung Nglanggeran dengan bantuan dana sebesar kurang lebih 1 millyar dan waktu pengerjaan 85 hari (selesai tanggal 31 Desember 2018).

Lokasi panggung permanen terletak di sebelah utara embung yang semula adalah sawah. Bentuk panggung berupa amphitheatre dengan bangku penonton bertingkat. 

 Pembangunaan kedua yaitu jalur menuju Air Terjun Kedun Kandang. Rencana awal hanya akan dibangun fasilitas toilet tetapi melihat akses yang cukup sulit sehingga dana tersebut dialihkan untuk membangun akses jalur wisata. Dana yang dihabiskan yaitu 200 juta dengan lama waktu pengerjaan 40 hari. 

 

Pada tahun 2019 juga akan ada pembagunan amenitas lapangan parkir wisata yang terletak 500 meter dari sekretariat POKDARWIS. Lapangan parkir wisata yang akan dibangun karena lahan parkir sekitar lokasi Gunung Api Purba tidak luas sedangkan pada hari libur dan rombongan yang datang menggunakan bis besar.

 Bagaimana apa kalian penasaran melihat penampilan Nglanggeran di 2019? Yuk mari berkunjung kembali. 

Jangan lupa berwisata!