Bazar Produk Lokal Desa di Libur Lebaran. Wisatawan dapat pengalaman, masyarakat raup keuntungan

Bazar Produk Lokal Desa di Libur Lebaran. Wisatawan dapat pengalaman, masyarakat raup keuntungan

Seperti tradisi libur lebaran ditahun tahun sebelumnya pengelola Desa Wisata Nglanggeran menyiapkan lapak untuk bazar di destinasi Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran. Menjadi tambahan informasi dan edukasi bagi wisatawan yang datang karena bisa melakukan interaksi dengan para pedagang yang sekaligus sebagai pengrajin berbagai produk dari Desa Wisata Nglanggeran. Berdiskusi dan bertukar informasi menjadi salah satu atraksi bagi wisatawan. Mayoritas wisatawan merasa heran ternyata masyarakat kami sudah bisa mengolah kakao menjadi berbagai macam olahan. Rumus dari pengolahan kakao adalah bisa merubah dari buah kakao menjadi bubuk cokelat, setelah itu tinggal kreativitas ibu-ibu saja untuk membuatnya. Pengalaman tersebut yang dibagikan kepada wisatawan yang datang.

                Musim libur lebaran juga membuat masyarakat kami semakin sibuk, selama Ramadhan menyiapkan stoke produk dan ternyata ludes terjual saat libur lebaran. Setidaknya ada tiga kelompok masyarakat yang mengisi stand bazar kami, ada kelompok Kuliner Purbarasa, Griya Cokelat Nglanggeran, TTP Nglanggeran, Kelompok SPA Purba Ayu dan juga masyarakat umum yang menginginkan untuk ikut berjualan di tempat yang sudah dipersiapkan. Pundi-pundi perekonomian masyarakatpun terisi, seiring dengan kerja keras, kreativitas, keuletan dan usaha yang dilakukan. Tidak hanya olahan dari cokelat yang di display, ada juga Ibu Kantun menjual pecel, kacang godok, pisang godok dan juga alpukat yang dipetik dari kebun masyarakat Nglanggeran dan dititipkan untuk dijual.

                Kami semakin yakin, dengan pengembangan Desa Wisata banyak elemen dapat dijadikan rupiah, tinggal kreativitas dan keinginan yang kuat untuk bisa mengelolanya. Tetap Semangat dan Terus Berkarya. Mari membangun Indonesia dari Desa.