Asa Dibalik Gunung Api Purba Nglanggeran

Nglanggeran, Pathuk, Gunung Kidul. Mungkin yang akan terbersit dalam benak anda ketika mendengar nama daerah ini akan langsung tersirat kata Pelosok, Jauh, Tandus, Gunung dan mungkin masih banyak lainnya. Sama dengan saya. Saya juga pernah berfikir seperti itu ketika saya belum tahu jika ternyata ada asa dibalik Gunung Api Purba. Sebuah harapan dan sebuah tekad yang akhirnya membawa nama Nglanggeran ke kancah Internasional. Menjadikan Dusun yang terletak dilereng Gunung Api Purba sebuah tempat wisata baru di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya Kabupaten Gung Kidul. Bukan hanya sebagai tempat wisata, Dusun Nglanggeran juga berinovasi menjadi salah satu Dusun yang memberikan ilmu atau pembelajaran bagi siapa saja yang ingin belajar disana. Baik yang ingin mendalami ilmu geologi, pertanian, peternakan, teknik mesin dan industri pangan. Mungkin masih banyak lagi namun pada devisi itulah yang paling diminati baik dari kalangan Mahasiswa maupun kedinasan.

Description CUsersuserDownloadsembung-nglanggeran-dari-kejauhanjpgGunung Kidul khususnya Dusun Nglanggeran yang terletak di Pegunungan yang sering disebut Gung Api Purba kini sudah tak seperti dulu lagi. Sejak tahun 2016 lalu kawasan yang dulunya hanyalah pegunungan yang tak menarik perhatian kini telah berubah wujud dan mandiri menjadi Desa Wisata yang telah diakui oleh dunia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Atas kerja keras para pengelola dan seluruh lapisan masyarakat Nglanggeran serta berkat bantuan dari beberapa sponsor yang ikut mensuport pembangunan Desa Wisata, kini Desa yang terletak di Kecamatan Pathuk Kabupaten Gunung Kidul ini menjadi Desa tujuan wisata bagi wisatawan baik dalam Negri maupun luar Negri. Banyak sekali hal menarik dan menakjubkan yang akan kita jumpai apabila kita berkunjung ke desa wisata Nglanggeran ini.

Selain akan dimanjakan dengan penampakan Gunung Api Burba yang sangat melegenda dengan pemandangan yang sangat indah kita juga akan dimanjakan oleh beberapa destinasi wisata lain. Seperti salahsatunya adalah Griya Coklat Nglanggeran.

Description CUsersuserDownloadsbig_slider_Griya_Cokelat_1jpg

Griya Coklat Nglanggeran adalah sebuah Rumah atau Galery kecil yang khusus memproduksi Coklat Olahan. Hal yang membuat menarik dari Griya Coklat Nglanggeran yaitu Coklat yang diolah adalah coklat yang berasal dari Desa Nglanggeran itu sendiri. Pemanfaatan sumber daya alam lokal. Hal ini adalah salah satu bentuk kemajuan masyarakat Nglanggeran. Ditempat ini kita bisa Belajar, Belanja dan Berwisata. Jadi akan banyak sekali manfaat yang bisa kita bawa pulang ketika berkunjung kesini.

Coklat yang dulunya tidak begitu menarik perhatian warga, kini menjadi pusat perhatian atau bisa dibilang banyak membantu perekonomian warga khususnya yang tergabung dalam kelompok Griya Coklat Nglanggeran atau sering disebut Purba Rasa. Coklat yang dulunya hanya dijual kering dengan harga yang realatif murah kini bisa diolah sendiri menjadi berbagai macam olahan yang hasilnya bisa jauh lebih besar dibanding sebelumnya.

Anggota kelompok yang tergabung dalam Purba Rasa mampu menciptakan Value khususnya pada produk utama yaitu Kakao. Meningkatkan nilai produk lokal yaitu kakao dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Dusun Nglanggeran. Banyak sekali manfaat dengan berdirinya griya coklat ini khususnya untuk para ibu-ibu. Sebelum berdirinya Griya coklat Nglanggeran beberapa kaum ibu-ibu harus rela jauh dari keluarga karena bekerja diluar daerah. Dengan pekerjaan yang sangat memakan waktu. Namun sekarang hal itu tidak perlu terjadi lagi, karena di Dusun tempat mereka tinggal pun mampu memberikan lapangan pekerjaan sendiri yang hasilnya lebih besar daripada mereka harus bekerja keluar. Sehingga akan banyak waktu yang tersisa untuk mereka berkumpul bersama keluarga tercinta.