Akses Pengembangan Diri bersama Wirausaha Mandiri

Setiap orang pasti memiliki tujuan menjadi orang sukses dalam hidupnya. Sukses dalam segala hal, baik pendidikan, bekerja maupun berwirausaha. Bahkan sukses dunia dan akherat, yaitu bahagia di dunia dan di akherat kelak. Hal itu juga menjadi mimpi dan cita-cita penulis. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi cerita pengalaman menuju pengembangan diri dan pengembangan organisasi melalui akses kompetisi yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri dan insyaallah itu merupakan salah satu jalan menuju kesuksesan.

            Penghargaan Wirausaha Sosial tahun 2012

Perkenalan singkat, nama saya Sugeng Handoko seorang pemuda dari Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, D.I.Yogyakarta. Sejak kuliah bersama komunitas pemuda bersama masyarakat melakukan pengelolaan Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi kawasan Ekowisata. Suka duka merintis dan melakukan pemberdayaan masyarakat kami lakukan sejak tahun 1999 bersama senior-senior kami di Karang Taruna, dan kami intens di tahun 2007. Seiring berjalannya waktu perkembangan Desa Wisata di Desa Nglanggeran semakin terasa. Hingga terdapat peluang emas yang kami dapat di tahun 2012 terdapat kompetisi wirausaha social yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri. Kami mengikuti kompetisi tersebut dan Alhamdulillah mendapatkan kepercayaan menjadi Juara Ikategori Semi Established bidang Pariwisata.

            Pengalaman menarik dan sangat berharga yang kami dapatkan adalah ketika berproses mengikuti lomba ini saya pribadi dan anggota team kelompok Sentra Pemuda Taruna Purba Mandiri mendapatkan tambahan ilmu tentang manajemen organisasi, penyusunan proposal usaha yang baik dan juga strategi marketing. Pembelajaran ini kami dapatkan ketika Socientcamp yang bisa diakses oleh tim yang sudah lolos seleksi 16 besar waktu itu.

            Sosialisasi Wirausaha Mandiri di Jogja Th 2014

Nah, saat ini ada peluang lagi bagi yang berminat untuk proses pengembangan diri dan organisasi yang ingin mencoba kompetisi ini. Tahun 2012 adalah pertama kali Bank Mandiri ada lomba wirausaha social namanya MBM Challange ( Mandiri Bersama Mandiri). Tahun ini, tahun 2014 adalah tahun kedua kompetisi ini diselenggarakan, saat ini namanya Wirausaha Sosial Mandiri (WSM). Program wirausaha social ini merupakan program Bank Mandiri yang melengkapi program-program kewirausahaan lainnya yang sudah dilaksanakan. Program lain tersebut adalah WMM (Wirausaha Muda Mandiri) dan MYT (Mandiri Young Technopreneur). Seperti yang kita ketahui Bank Mandiri merupakan salah satu lembaga keuangan yang konsisten dalam hal upaya pengembangan kewirausahaan di Indonesia dan khususnya bagi para generasi muda. Silakan kita gunakan kesempatan dan akses yang sangat berharga ini.

            Sekilas memberikan gambaran terkait masing-masing program sebagai penentu nanti akan mengakses jenis lomba yang sesuai. Pertama untuk WMM (Wirausaha Muda mandiri) merupakan program Bank Mandiri pertama dalam lomba kewirausahaan bagi pemuda dilaksanakan tahun 2007. Biasanya dalam jenis lomba ini diikuti oleh wirausaha muda yang sudah menjalankan bisnisnya dan masih duduk di bangku kuliah, baik diploma, sarjana dengan batasan maksimal usia 25 tahun dan untuk pasca sarjana atau alumni maksimal usia 35 tahun.

            Kedua, MYT (Mandiri Young Technopreneur) memiliki tujuan mengembangkan teknologi baru yang tepat guna dan bermanfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia. Kriteria pemenang punya potensi untuk dikembangkan secara masal, punya manfaat untuk membantu permasalahan social dan membantu mensejahterakan masyarakat, kemudian membutuhkan modal untuk melakukan implementasi inovasi tersebut. Ada 2 kategori yaitu IT dan Non IT. Usia maksimal 40 tahun untuk MYT.

            Ketiga, WSM (Wirausaha Sosial Mandiri) ini yang kami ikuti dan sedikit banyak merasakan langsung pengalaman berproses didalamnya. Saat ini terdapat 2 kategori yaitu 1. Industri Kreatif & pariwisata, 2. Pertanian & Kelautan ( Agro Industri). Dalam lomba ini harus kelompok minimal 3 orang. Berusia 21-40 Tahun, dan anggota harus berasal dari organisasi/komunitas social enterprise tersebut. Calon peserta yang pernah menang dalam kompetisi lain, diperbolehkan  mengikuti  lomba,  dengan syarat  tidak  sedang  mengajukan  project atau  rencana pengembangan Mengisi form data umum serta bisnis plan pengembangan bisnis sosialnya, dan mengirimkannya sesuai batas waktu yang ditetapkan, Bisnis plan merupakan ide original dan bukan bentuk plagiarisme;

            Silakan mencoba kesempatan ini, dan Insyaallah penulis bersedia jika ada yang berminat dan pingin konsultasi, bisa contak HP/WA 081802606050 atau pin BB 75DB6B32. Batas akhir pendaftaran tanggal 31 Oktober 2014. Dan penghargaan direncanakan 12 Maret 2015. Selamat berproses mengembangkan kapasitas diri dan organisasi. Menjadi pemenang adalah hadiah dari Allah SWT dan bukan tujuan utama dalam proses pengembangan diri. Semoga bermanfaat, tetap Semangat dan Terus Berkarya….!!! (Sugeng Handoko)