Agrowisata: Peternakan Kambing Etawa sebagai Atraksi Wisata

Agrowisata: Peternakan Kambing Etawa sebagai Atraksi Wisata

Desa Wisata Nglanggeran yang terkenal dengan atraksi wisata Gunung Api Purba Nglanggeran ini ternyata memiliki atraksi wisata berbasis agriculture atau lebih dikenal dengan istilah agrowisata. Agrowisata merupakan atraksi wisata yang memanfaatkan lahan pertanian dan peternakan sebagai daya tarik wisata dan aktivitas wisatawan.

Peternakan Kambing PE (Peranakan Etawa) di Desa Wisata Nglanggeran menjadi atraksi agrowisata dimana wisatawan bisa melakukan aktivitas memberi makan kambing etawa, memerah susu kambing etawa, dan meminum susu segar kambing etawa. Selama aktivitas tersebut dilakukan, wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan peternak dan menggali informasi seputar kambing etawa.

Keuntungan dari pengembangan agrowisata bagi petani lokal dapat dirinci

sebagai berikut (Lobo dkk, 1999):

1. Agrotourism dapat memunculkan peluang bagi petani lokal untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan taraf hidup serta kelangsungan operasi mereka;

2. Menjadi sarana yang baik untuk mendidik orang banyak/masyarakat tentang pentingnya pertanian dan kontribusinya untuk perekoniman secara luas dan meningkatkan mutu hidup;

3. Mengurangi arus urbanisasi ke perkotaan karena masyarakat telah mampu mendapatkan pendapatan yang layak dari usahanya di desa (agrotourism)

4. Agrotourism dapat menjadi media promosi untuk produk lokal, dan membantu perkembangan regional dalam memasarkan usaha dan menciptakan nilai tambah dan “direct-marking” merangsang kegiatan ekonomi dan memberikan manfaat kepada masyarakat di daerah dimana agrotourism dikembangkan.

 Sedangkan manfaat agrowisata bagi wisatawan menurut Rilla (1999) adalah:

a) Menjalin hubungan kekeluargaan dengan petani atau masyarakat lokal.

b) Meningkatkan kesehatan dan kesegaran tubuh

c) Beristirahat dan menghilangkan kejenuhan

d) Mendapatkan petualangan yang mengagumkan

e) Mendapatkan makanan yang benar-benar alami (organic food)

f) Mendapatkan suasana yang benar-benar berbeda

g) Biaya yang murah karena agrowisata relatif lebih murah dari wisata yang lainnya

 

Adanya agrotourism diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan menggali potensi ekonomi masyarakat lokal yang hidup di pedesaan. Tujuan dari agrotourism ini adalah untuk memperluas pengalaman wisata dan pengetahuan dalam bidang pertanian. Wisatawan tidak hanya mendapat pengalaman bagaimana berinteraksi dengan kambing etawa, tetapi juga mendapatkan pengetahuan mengenai peternakan kambing etawa.

 

Sumber :

Bagus, Rai Utama I Gusti. 2011. Agrowisata sebagai Pariwisata Alternatif. https://www.researchgate.net/publication/277074027_AGROWISATA_SEBAGAI_PARIWISATA_ALTERNATIF