Manfaat Susu Kambing Etawa

Manfaat Susu Kambing Etawa

Budidaya peternakan kambing etawa terdapat di Nglanggeran dimana peternakan tersebut sudah dijadikan sebagai daya tarik wisata dan diolah susunya menjadi berbagai macam oleh-oleh khas Desa Wisata Nglanggeran. Kambing yang berasal dari wilayah Jamnapari, India ini termasuk ke dalam tipe dwiguna, yang artinya sebagai penghasil susu dan daging.

Berbeda dengan kambing lainnya, bentuk fisik kambing etawa memiliki postur tubuh besar, telinga panjang menggantung, bentuk muka cembung, serta bulu bagian paha belakang sangat panjang.

Perbedaan susu sapi dan susu kambing adalah susu kambing memilki warna yang lebih putih karena tidak memiliki karoten.  Khasiat susu kambing antara lain untuk terapi penyakit TBC, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan kesehatan kulit,

Untuk bayi dan anak-anak, susu kambing berkhasiat meningkatkan pertumbuhan bayi dan anak-anak, membantu menjaga keseimbangan metabolism, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, membantu pembentukan sel-sel darah dan jaringan tubuh.

Susu kambing juga bagus untuk wanita dewasa untuk mengembalikan zat besi setelah haid, kekurangan darah (anemia), kehamilan, serta pendarahan setelah melahirkan. Susu kambing juga memiliki kandungan berbagai mineral dalm susu kambing mencegah osteoporosis/kerapuhan tulang.

 

Sumber:

Sodiq, Akhmad dan Abidin Zainal. 2008. Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa. Jakarta Selatan: AgroMedia Pustaka