Praktek Baik Griya Cokelat Nglanggeran dikunjungi 9 Delegasi Negara ASEAN

Praktek Baik Griya Cokelat Nglanggeran dikunjungi 9 Delegasi Negara ASEAN

Kunjungan Delegasi ASEAN ke Desa Nglanggeran pada hari Kamis 13 Juli 2017 ternyata memberikan banyak manfaat bagi kami. Selain bisa berdiskusi dan bertukar informasi terkait pemberdayaan masyarakat dari berbagai belahan negara ASEAN masyarakat kami juga mendapatkan dampak ekonomi dari Usaha Ekonomi Desa yang dilakukan. Salah satunya adalah Griya Cokelat Nglanggeran.

Griya Cokelat Nglanggeran merupakan pusat pengolahan Kakao dari hulu sampai hilir di Desa Wisata Nglanggeran. Sistem yang dikembangkan adalah sistem klaster jadi tidak dimonopoli oleh seorang atau sekelompok orang saja. Pengolahan hulu meliputi proses pemetikan buah, fermentasi dan pengeringan biji kakao. Sedangkan pengolahan hilir adalah pengolahan biji kakao kering menjadi bubuk cokelat, pasta cokelat dan lemak cokelat, serta beberapa olahan diversifikasi cokelat. Kelompok tani menyiapkan biji kakao terbaik dengan penerapan Good Agricultural Practices dan dapat melakukan pengolahan pasca panen dengan menerapkan Good Manufacturing Practices sehingga tersedia berbagai produk pangan berbasis cokelat khas Nglanggeran yang menjadi oleh-oleh unggulan di kawasan ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

Griya Cokelat Nglanggeran berdiri dan berkembang berkat kerjasama yang baik antar stake holder yakni Masyarakat petani yang memiliki keinginan yang kuat untuk maju mengelola kakao sebagai hasil perkebunan unggulan Desa, Pemerintah Desa memberikan support dengan perencanaan kawasan yang baik, Dishutbun Gunungkidul berperan menyiapkan perkebunan kakao dengan kualitas baik, BPTBA LIPI D.I.Y melakukan transfer teknologi dimasyarakat untuk mengolah kakao, Bank Indonesia melalui CSRnya membantu pengadaan sarpras dan pelatihan-pelatihan, serta Pokdarwis Nglanggeran sebagai ujung tombak pemasaran.

9 Negara Delegasi ASEAN yang hadir diantaranya Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei Darusalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja didampingi juga dari Kementrian Desa dan Kemenko PMK. Perwakilan dari Kemendesa, PDT dan Transmigrasi Pak Rafdinal menyampaikan masyarakat dan Desa harus mampu mengidentifikasi potensi unggulan Desa dan diolah untuk kesejahteraan bersama masyarakat. Salah satunya di Desa Nglanggeran melihat potensi kakao dan menjadi produk unggulan Desa sangat tepat dengan adanya integrasi dengan kegiatan kepariwisataan.

Pak Rudi Hermawan perwakilan dari Kemenko PMK menyampaikan memilih Desa Nglanggeran untuk dikunjungi ada beberapa alasan yaitu bisa melihat contoh program yang menjadi keinginan dan dirintis masyarakat dan adanya support dari pemerintah bertemu dengan baik, sehingga bottom-up dan top-down bisa dipelajari di Desa Nglanggeran di Program PNPMnya, kedua memiliki inovasi desa yang baik dari sistem E Ticketing, manajemen Homestay dan juga pengolahan Kakao, ketiga seluruh elemen masyarakat memiliki peran dalam pengembangan Desa dan dimotori oleh para generasi muda sehingga menekan terjadinya urbanisasi, keempat peran perempuan dalam pengembangan Desa juga dilibatkan terlihat sekali di kelompok pedagang, kelompok Homestay dan Griya Cokelat Nglanggeran.

Dampak ekonomi saat kunjungan 9 Negara Delegasi ASEAN nampak terlihat di Kampung Emas dan Griya Cokelat Nglanggeran. Di Kampung Emas setidaknya 14 paket ingkung dan beberapa souvenir dari kayu hasil pengrajin Dusun Bobung diborong para peserta, ada juga transaksi menggunakan dolar. Menjadi pengalaman tersendiri bagi masyarakat kami menerima pembayaran melalui dolar.

Di Griya Cokelat Nglanggeran, tidak luput dari serbuan untuk diborong setelah mencicipi minuman tester yang diberikan. Ratusan sachet minuman Chocomix berbagai Variant dan juga cokelat batangan serta aneka makanan dari cokelat sangat diminati karena mengetahui ini merupakan produk lokal dan asli dari Desa. Omset penjualan dalam waktu kurang dari 1 jam tercatat Rp. 5.762.000,00. Ada juga yang kesulitan membayar karena tidak membawa uang tunai karena di Griya Cokelat belum ada fasilitas penunjang pembayaran Non Tunai. Ini salah satu masukan bagi kami. Lihat VIDEOnya.

Nah bagi kalian yang ingin mengetahui produk produk dari Griya Cokelat Nglanggeran bisa follow IG kami @Griya.Cokelat.Nglanggeran atau bisa baca juga di SINI. Tetap Semangat dan Terus Berkarya. Mari mengenali potensi unggulan Desa, Mari Membangun Indonesia dari Desa.