Pengolahan Kakao Menjadi Kuliner Khas Desa Wisata Nglanggeran

Pengolahan Kakao Menjadi Kuliner Khas Desa Wisata Nglanggeran

Produk makanan maupun minuman Coklat memang sangat diburu oleh para penggemarnya. Selain memiliki rasa yang nikmat, coklat juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Coklat merupakan olahan dari biji Kakao, dan untuk dapat dikonsumsi, kakao tersebut harus melewati beberapa proses pengolahan terlebih dahulu.  Di Desa Wisata Nglanggeran terdapat tempat pengolahan beberapa olahan makanan dan minuman coklat.                      

Griya Coklat merupakan tempat yang memproduksi olahan makanan khas dari Desa Wisata Tersebut dan berbahan dasar Coklat. seperti Bakpia Coklat, Pisang Salut Coklat, Dodol Coklat, berbagai serbuk minuman Coklat dengan varian rasa dan lain-lain.

Di Griya Coklat  mayoritas pekerjanya adalah ibu-ibu yang bergabung dalam kelompok usaha. Kegiatan memproduksi olahan makanan ini tidak dilakukan setiap hari, melainkan ketika mendapat banyak pesanan, atau stok sudah habis. Karena olahan makanan tidak menggunakan pengawet.

            Kelebihan Griya Coklat ini adalah bisa untuk foto-foto, karena menyediakan tempat dengan desain ruang yang menarik, selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan secara langsung cara pembuatan makanan dan minuman coklat tersebut.

            Selain itu, Griya coklat juga menyediakan paket wisata kuliner untuk wisatawan Asing maupun Lokal yang tertarik untuk melihat dan mempraktekkan langsung cara pengolahan, pengemasan dan menikmati makanan dodol dan bakpia coklat yang baru dibuat.