Pemuda Hebat Ini Terima 3 Penghargaan Menkokesra

Patuk,(sorotgunungkidul.com)--Sekali lagi, Pemuda Gunungkidul ini mengharumkan nama tanah kelahirannya di kancah nasional. Ia menerima 3 penghargaan sekaligus dalam acara Temu Nasional Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri dan Pesta Rakyat yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra), 8 hingga 10 Mei 2014 lalu di Jakarta. Tiga perhargaan yang diterima Sugeng Handoko, pengelola Desa Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran tersebut diantaranya pemenang Lomba Menulis Cerita 1001 Jejak PNPM Mandiri, penerima penghargaan sebagai Pelaku PNPM Mandiri Terbaik Tahun 2014 dan sebagai Duta PNPM khususnya PNPM Pariwisata. Ia mendapat kesempatan beraudiensi di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Saya ditunjuk sebagai individu pemenang Lomba menulis Jejak 1001 PNPM Mandiri dan sebagai wakil Desa Wisata Nglanggeran sebagai seorang Fasilitator PNPM Pariwisata yang dinilai bagus dan sukses menjalankan program Program PNPM sejak 2011 hingga 2013," katanya.

Pria ini mengikuti lomba menulis cerita Jejak PNPM Mandiri dengan judul “Mendapatkan Ilmu Berharga berkat Program PNPM Pariwisata”. Dalam tulisan tersebut ia menceritakan proses pengembangan Desa Wisata Nglanggeran sejak membangun pengelola desa wisata dan masyarakat dengan menggunakan program dari PNPM pariwisata.

"Sesuai dengan arah pengembangan Desa Wisata Nglanggeran yaitu “Ekowisata Berwawasan Lingkungan dan Berbasis Masyarakat” kami mendapatkan ilmu berharga dari Program PNPM Pariwisata yaitu tahapan sosialisasi dimasyarakat, identifikasi potensi, penentuan prioritas pelaksanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan pelaporan," ujarnya.

Di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ia merasa senang dan bangga bisa mendapatkan kesempatan menjadi wakil bercerita karena bisa menyampaikan perkembangan pariwisata di Desa Nglanggeran dan Gunungkidul pada umumnya.

Ia berharap, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ini selalu terjaga dan selalu ada walaupun sudah berganti presiden. Karena Roh PNPM Mandiri memberikan masyarakat sebagai pelaku perubahan menuju kesejahteraan.

"Program yang dilakukan dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat sehingga masyarakat tahu betul apa yang mereka butuhkan, dan akan selalu menjaga sepenuh hati karya yang mereka buat sendiri tersebut," harapnya.

Sementara itu, Deputi Koordinasi Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Sujana Royat saat itu memaparkan, seratus tokoh ini diundang karena dianggap sebagai penggerak pemberdayaan yang dapat menyampaikan pengalaman dan aspirasi kepada pemerintah.

"Seratus tokoh ini adalah pemenang PNPM yang berhasil mewujudkan mimpi mereka, dan diharapkan dapat menyampaikan pengalaman dan memberikan inspirasi, sehingga PNPM tidak hanya mengenai infrastruktur," katanya di Jakarta.

Sumber : http://www.sorotgunungkidul.com/berita-gunungkidul-6413-pemuda-hebat-ini-terima-3-penghargaan-menkokesra.html