MENIKMATI SEGELAS COKELAT MANIS DI PENGUJUNG HARI

MENIKMATI SEGELAS COKELAT MANIS DI PENGUJUNG HARI

Halo temen-temen pembaca, kalian termasuk penikmat cokelat bukan?. Kalo iya berarti kita sama. Nah biasanya cokelat yang kita konsumsi diproduksi oleh perusahan-perusahaan besar dan pengolah cokelat adalah bangsa asing. Sekedar share info nih waktu saya berkunjung ke Nglanggeran mereka sudah punya beberapa olahan produk cokelat. Olahan disana diproduksi langsung sama masyarakat lokal

 

"Sejak aku masih SD udah ada pohon cokelat. Awalnya pemerihnya memberikan bibit cokelat untuk ditaman. Masyarakat hanya memecah, mengeringkan kemudian menjual biji cokelat kepada pengepul dan warung-warung" ujar mas sudadi. Dari hal tersebut masyarakat belajar untuk melakukan pengolahan cokelat dan saat ini sudah memiliki beberapa varian dari buat cokelat.

 Kalian tau ga bentuk buah cokelat itu kayak apa? Jadi waktu saya di Nglanggeran,pertama kali nih nyobain makan langsung buah cokelat. Menurut saya sih bentuk buahnya mirip kayak pepaya cuma lebih keras dan salah satu ujungnya mengerucut. Isi buat cokelatnya mirip buat manggis tetapi rasa dari buahnya seperti buah sirsak dan kecapi. Katanya sih kalo makan langsung buah cokelat jangan banyak-banyak nanti sakit perut.

Bicara soal varian produk griya cokelat. Pastinta yang pertama adalah minuman cokelat. Disana udah ada 5 varian rasa yaitu; chocomix (rasa asli cokelat yang ga terlalu pahit tanpa campuran susu), chocomix-classic (rasanya agak pahit biasanya wisatawan asing lebih suka yang ini karena tidak mengandung banyak gula. Varian rasa classic juga jadi favorit saya), chocomix-tawa (kalo ini dicampur dengan susu kambing etawa yaitu susu olahan langsung dari kambing etawa yang diternak disini), chocomix-coffee (perpaduan antara cokelat dan kopi untuk kalian yang bingung pengen minum tapi pengen minum kopi juga, bisa langsung deh terpadu jadi satu gitu), chocomix-ice (varian ini lebih cocok untuk kalian yang lebih suka menikmati coklat dengan suhu dingin, karena sebuk cokelat disesuaikan untuk dilarutkan pada air dingin). Nah gimana nih kalo kalian suka varian rasa yang mana? 

 Produk lain yang menjadi pasangan minuman cokelat adalah salut pisang! Ga cuma kalian yang berpasangan, minum cokelat sambil makan salut pisang asik bangetlah. Pasti kalian udah ga asing sama salut pisang. Yaaap betul! Keripik pisang yang dibalut dengan bubuk cokelat.

 Saya suka banget sama salut pisang ini karena bubuk cokelat yang membalut keripik ga pelit, pokoknya full of chocolate gitu. Keripiknya pun tipis jadi kalian gausah takut sakit gigi setelahnya (asal sikat gigi sebelum tidur biar ga berlubang karna kebanyakan makan cokelat loh)

 Buat kalian yang pengen langsung menikmati segelas cokelat dan salut pisang bisa langsung mampir ya ke Griya Cokelat Nglanggeran, kalo yang kepo langsung cem deh @griya.cokelat.nglanggeran di instagram. 

 Info tambahan yang pasti menarik banget buat temen-temen pembaca. Griya Cokelat Nglanggeran terdapat balkon yang cukup besar didepannya, jadi kalian bisa menimati sore hari menyantap segelas cokelat dan salut pisang sambil bercengkrama, duduk santai ditemani dengan pemandngan hamparan sawah dan lapangan luas.

 Daripada ngebayangin aja mending langsung cus mampir! Salam hangat dari penulis yang manis selayaknya chocomix (@firrakholisha)