MEMAJUKAN UMKM DENGAN MEDIA ONLINE, UMKM Se Kecamatan Patuk Belajar Go Online

MEMAJUKAN UMKM DENGAN MEDIA ONLINE, UMKM Se Kecamatan Patuk Belajar Go Online

Daerah Jogjakarta dikenal dengan nama lain kota pelajar. Hampir 20% penduduk di Yogyakarta adalah pelajar/mahasiswa. Kurang lebih ada 137 perguruan tinggi di Yogyakarta. Mahasiswa dituntut untuk mengamalkan Tri Dharma Perguruan tunggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

 Pada Sabtu, 13 Oktober 2018 diadakan Pelatihan Go Online Se-Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul yang diselenggarakan oleh Dosen Universitas Ahmad Dahlan bekerjasama dengan PCM Patuk Gunungkidul dan POKDARWIS Nglanggeran dalam rangka program pengabdian masuarakat.

 

Perkembangan internet saat ini sangat pesat dan peluang bisnis melalui media sosial sudah menjadi tren. Permasalahan yang terdapat di Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) milik masyarakat perdesaan yaitu belum banyak melakukan pemasaran secara online, sehingga pasar yang dituju tidak terjangkau secara luas. 

 Keuntungan yang diperoleh dari bisnis online yaitu konsumen lebih mudah mendapatkan informasih pengenai produk yang ditawarkan, produsen lebih dekat dengan konsumen karena dapat berinteraksi langsung melalui media sosial dan brand/ citra produk yang ingin ditanamkan akan mudah dipahami konsumen.

 

Program pelatihan berlangsung selama dua hari dengan materi penjelasan bisnis online, pembuatan akun bisnis online dan cara pengambilan gambar yang menarik. 

 Berikut tips berbisnis online :

·         Menciptakan brand yang mudah diterima konsumen

·         Memasang foto produk yang menarik

·         Menuliskan kalimat yang menarik dan mudah dipahami konsumen

·         Hindari kampanye negatif / menjelekan produk lain

·         Memposting yang sesuai dengan tren

·         Berikan respon cepat dan ramah

·         Ciptakan jejaring bisnis

 Terimakasih sudah terllibat dalam kegiatan UMKM Go Online ini dan semoga bisa Terwujud juga Kawasan Patuk Terintegrasi. Seluruh Desa di Kecamatan Patuk saling bersinergi untuk kesejahteraan bersama.

Jangan malu untuk belajar! Selamat memulai bisnis anda:)