Kesenian TAYUB dalam acara Festival Kirab Budaya di Nglanggeran

Kesenian TAYUB dalam acara Festival Kirab Budaya di Nglanggeran

Keasrian budaya yang selalu dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat Desa Nglanggeran sudah sepatutnya menjadi kebanggaan masyarakat Nglanggeran karena hingga sekarang masyarakat Desa Nglanggeran selalu melaksanakan setiap perayaan yang sudah terjalin secara turun temurun.

Salah satu bagian dari acara yang selalu diadakan dalam Kirab Budaya yang ada di Desa Nglanggeran yaitu “Tayub”.

‘TAYUB” bukanlah hanya sekedar kesenian atau hiburan dalam kegiatan rasulan namun memiliki makna yang sangat dalam bagi masyarakat Desa Nglanggeran. Sebelum melakukan acara Tayub terlebih dahulu dilakukan ritual persembahan yang dilakukan oleh mbah Budi Utomo selaku ketua adat.Masyarakat Desa mengartikan Tayub sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Desa Nglanggeran diberikan kelimpahan rezeki dari hasil panen yang melimpah, kesejahteraan, kelestarian alam dan kemakmuran bagi masyarakata Desa Nglanggeran.

Dari pandangan masyarakat lain acara Tayub hanya dijadikan sebagai hiburan tarian kesenian jawa yang hanya dipertontonkan, dimana cara kesenian ini terlihat seseorang atau sekelompok perempuan yang menari dan diiringi oleh Wiyogo yaitu Penabuh Gamelan dan Sinden setelah itu para penari akan didatangi oleh penonton yang ingin menari bersama-sama dengan menggunakan selendang dan menari secara berirama.

Saweran menjadi kunci utama loh yang dilakukan oleh seorang penonton untuk mengajak penari untuk menari bersamanya.dan dalam hal ini biasanya para kaum Laki- Laki lah yang lebih terpikat utuk ikut menari. Namun tidak hanya para lelaki saja yang ikut menari para wanita yang sedang menonton acara Tayub juga ikut menari bersama

Dari kesenian yang selalu di lestarikan Masyarakat Nglanggeran Tayub bukan hanya saja menjadi hiburan untuk masyarakat yang ada di Desa Nglanggeran tapi juga hiburan bagi masyarakat yang datang dari berbagai luar daerah serta wisatawan yang sedang datang berkunjung ke Desa Nglanggeran.

Dari sini kita bisa melihat bahwa bukan hanya keunggulan dari pariwisata yang ada di Nglanggeran yang patut kita contoh namun juga kesadaran masyarakat akan Budaya dan Tradisi yang sangat dijaga dan terus dilestarikan demi kesejahteraaan masyarakat yang ada di Desa Nglanggeran