Kegiatan Pelatihan Pembuatan Dodol Kakao dan Pisang Salut Cokelat di Griya Cokelat Nglanggeran

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Dodol Kakao dan Pisang Salut Cokelat di Griya Cokelat Nglanggeran

           Desa Nglanggeran merupakan desa wisata yang terletak di Nglanggeran adalah desa di kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain terkenal dengan tempat wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, terdapat pula komoditas utama yang memiliki potensi untuk dikembangkan yaitu komoditas kakao. Griya Cokelat Nglanggeran menjadi salah satu inovasi yang digerakkan oleh masyarakat sekitar dalam rangka mengembangkan potensi kakao yang ada di daerah Nglanggeran yang terdiri dari kelompok tani, kelompok Kuliner Purbarasa, Pokdarwis            Nglanggeran dan juga pemuda desa. Kegiatan yang ada di Griya Cokelat Nglanggeran meliputi pengolahan buah kakao menjadi bubuk coklat hingga produk yang siap dinikmati. Selain pengolahan produk coklat, Griya Cokelat Nglanggeran juga aktif dalam melakukan kegiatan pelatihan guna belajar bersama maupun sebagai wujud pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dalam paket wisata Gunung Api Purba. Griya Coklat Nglanggeran biasanya melakukan kegiatan pelatihan pembuatan dodol coklat dan pembuatan keripik pisang salut coklat. Peserta yang ikut dalam pelatihan merupakan masyarakat dari daerah lain yang ingin studi banding maupun siswa SMP dan SMA yang melaksanakan studi tour dan hendak belajar bagaimana cara mengolah coklat menjadi produk yang siap jual. Oleh karena itu Griya Coklat Nglanggeran melakukan pelatihan pembuatan dodol coklat dan pisang salut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memperkenalkan produk pengolahan kakao menjadi dodol coklat dan pisang salut yang memiliki nilai gizi baik dan juga berbagi ilmu pada peserta yang mengikuti pelatihan. Dengan pelatihan, peserta diharapkan memili pengetahuan yang lebih mendalam mengenai pengolahan coklat menjadi produk makanan seperti dodol coklat dan pisang salut.

Pengenalan Pengolahan Coklat kepada peserta Pelatihan Pembuatan Dodol Coklat

            Salah satu kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Griya Coklat Nglanggeran adalah pelatihan pembuatan dodol yang diselenggarakan pada hari Kamis, 4 Januari 2018 lalu. Pelatihan tersebut di ikuti oleh 90 orang siswa dari SMK Ibu Kartini Semarang. Peserta yang mengikuti pelatihan merupakan siswa jurusan tata boga yang ingin mengetahui proses pembuatan dodol coklat di Griya Coklat Nglanggeran. Kegiatan tersebut merupakan hal yang positif karena selain memberikan pengetahuan, pembuatan dodol coklat menggunakan bahan-bahan lokal daerah, seperti buah kakao yang diolah menjadi bubuk coklat.

Pelatihan Pembuatan Dodol Coklat oleh Griya Coklat Nglanggeran

            Pembuatan dodol coklat biasanya memerlukan waktu yang cukup lama sekitar 3-4 jam dengan proses pengadukan yang tidak boleh berhenti, saat melakukan pelatihan, peserta ikut melakukan pembuatan dodol seperti mengaduk dan juga dapat bertanya seputar hal mengenai pembuatan dodol dan berbagai macam produk lain yang ada di Griya Coklat Nglanggeran. Peserta yang ingin mendapatkan pelatihan pembuatan dodol dan pisang salut terbuka untuk umum sehingga bagi pembaca yang berminat untuk mendapatkan pelatihan dapat menghubungi pihak terkait.

Setelah peserta mendapatkan pelatihan, peserta juga bisa membeli oleh-oleh dari produk yang terlah tersedia di Griya Coklat Nglanggeran. Produk-produk yang tersedia di Griya Coklat Nglanggeran dapat di cek di Instagram @Griya.Cokelat.Nglanggeran