Griya Cokelat Nglanggeran menjalin Kemitraan, menampung produk Masyarakat Desa.

Griya Cokelat Nglanggeran menjalin Kemitraan, menampung produk Masyarakat Desa.

Griya Cokelat Nglanggeran merupakan tempat pengolahan produk cokelat yang berbasis masyarakat. Berasal dari inovasi Desa Wisata Nglanggeran, Griya Coklat Nglanggeran terdiri dari Gabungan Kelompok Tani, Kelompok Kuliner Purbarasa, Pokdarwis Ngalnggeran dan pemuda desa, Griya Cokelat Nglanggeran menjadi wadah bagi masyarakat untuk menggali potensi kakao yang ada di Desa Wisata Nglanggeran. Dalam proses mewujudkan Griya Cokelat Nglanggeran, Desa Wisata Nglanggeran mendapat dukungan dari Dishutbun Gunungkidul, BPTBA LIPI Yogyakarta dan Bank Indonesia kantor Cabang Yogyakarta.

Saat ini Griya Cokelat Nglanggeran telah berdiri dan mampu mengolah kakao sendiri dari biji kakao menjadi produk cokelat seperti minuman cokelat Chocomix, cokelat batang Chocomix Bar, dan berbagai macam produk olahan lain yang berbasis cokelat. Biji kakao yang digunakan merupakan biji kakao pilihan yang telah melalui proses penyortiran oleh Gabungan Kelompok Tani sehingga kualitas rasa terjamin dan merupakan bentuk dari kemitraan Griya Cokelat Nglanggeran terhadap Gabungan Kelompok Tani  di Griya Cokelat Nglanggeran.

Dalam melakukan proses kegiatan yang ada, Griya Cokelat Nglanggeran selalu melibatkan masyarakat baik dalam tenaga kerja maupun bentuk kemitraan. Salah satu bentuk kemitraan yang ada di Griya Cokelat Nglanggeran yaitu masuknya produk yang merupakan olahan dari masyarakat Desa Wisata Nglanggeran seperti dodol kakao, pisang salut cokelat, susu kambing etawa, dan rempah-rempah yang merupakan produk dari masyarakat. Griya Cokelat Nglanggeran menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin menjalin kemitraan dengan mentitipkan produknya. Hal ini dilakukan sebagai langkah Griya Cokelat Nglanggeran untuk semakin melibatkan masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa  Nglanggeran. Untuk menjaga kualitas dari produk yang dititipkan, Griya Cokelat Nglanggeran memiliki standar baik dalam rasa, ukuran, pengemasan, dan masa konsumsi sehingga kepuasan konsumen tetap terjamin.

Berikut merupakan beberapa produk kemitraan yang ada di Griya Cokelat Nglanggeran.

Sale Untir Cokelat

Pisang Salut Cokelat

Onde Onde Cokelat

Geo Milk (Susu Kambing Etawa)

Aneka Minuman Rempah-Rempah

Jadi tunggu apalagi, kalian kalau sudah sampai Jogja mesti mampir ke Griya Cokelat Nglanggeran untuk membeli aneka produk olahan oleh masyarakat ini ya...