Desa Wisata Nglanggeran, Destinasi Wisata yang menerapkan pembayaran Non Tunai

Desa Wisata Nglanggeran, Destinasi Wisata yang menerapkan pembayaran Non Tunai

Sabtu, 7 Maret 2020 menjadi hari yang bersejarah di Desa Wisata Nglanggeran, karena ada momentum launching QRIS Destinasi Wisata Nglanggeran. Kami Pengelola Desa Wisata Nglanggeran mendukung kebijakan Bank Indonesia dan turut serta mensukseskan Pekan Qris Nasional.

Launching dilakukan oleh Ibu Rosmaya Hadi – Deputi Gubernur Bank Indonesia di damping oleh Bapak Immawan Wahyudi (Wakil Bupati Gunungkidul), Pak Hilman (Kepala BI KpW D.I.Yogyakarta), Pak Singgih (Kepala Dinas Pariwisata D.I.Yogyakarta) dan disaksikan oleh bapak ibu tamu undangan beserta masyarakat dan pengelola Desa Wisata Nglanggeran.

 

Kegiatan ini dilakukan di Griya Cokelat Nglanggeran, salah satu pusat pengolahan kakao dan pusat oleh oleh di Desa Wisata Nglanggeran yang juga merupakan binaan Bank Indonesia. Ada 5 tenant yang secara simbolis dilaunching yaitu QRIS Griya Cokelat Nglanggeran, Qris Tiket Masuk Gunung Api Purba, Qris Pawon Purba, Qris Nglanggeran Mart dan Qris Susu Kambing Maju Mapan.

Apa yang dimaksud dengan QRIS?

QRIS memiliki kepanjangan Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS ini adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code yang kalian lakukan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Apa yang membedakan QRIS dengan QR Code pembayaran yang telah digunakan selama ini?

Dengan adanya QRIS, maka sekarang seluruh transaksi pembayaran yang menggunakan QR Code hanya memerlukan satu QR Code aja nih.. karena kode QR itu yang sudah terintegrasi dengan seluruh aplikasi yang menyediakan dan/atau menerima pembayaran dengan QR code. Jadi, tidak perlu lagi kamu pusing-pusing dihadapkan dengan berbagai macam QR Code dalam satu merchant, karena dengan QRIS, cukup satu QR Code untuk semua.

Ibu Maya menghimbau dan mengajak untuk semakin meningkatkan pelayanan dan kunjungan wisatawan sehingga Desa Wisata Nglanggeran lebih baik lagi. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan layanan kemudahan bertransaksi/pembayaran.

Kini ketika wisatawan datang dan berwisata ke Nglanggeran akan lebih mudah untuk melakukan transaksi, dengan menggunakan berbagai metode pembayaran non tunai dapat dilayani dengan hanya melakukan sekali scan barecode Qris yang disediakan.

Hal tersebut sangat mendukung proses pengembangan Desa Wisata Nglanggeran yang merupakan salah satu Destinasi Wisata Unggulan di D.i.Yogyakarta. Desa Wisata Nglanggeran memiliki Gunung Api Purba salah satu geosite di Gunung Sewu UNESCO Global Geopark, menjadi Desa Wisata Terbaik ASEAN tahun 2017, Penerima Penghargaan ASTA (Asean Sustainable Tourism Award) 2018, dan menjadi Top 100 sustainable tourism tingkat dunia. Wisatawan mancanegara dan perubahan wisatawan nusantara yang sudah banyak tidak membawa uang tunai akan semakin nyaman dengan adanya Qris di Desa Wisata Nglanggeran.

Dalam proses perjalanannya kami masih melayani pembayaran tunai, namun juga terus melakukan sosialisasi dan merekomendasikan untuk bisa melakukan pembayaran non tunai.

Semoga Inovasi berkelanjutan ini akan semakin memberikan manfaat bagi masyarakat. @sugenghandoko