Mendukung Usaha Ekonomi Desa, Direktur Pengembangan UMKM mengunjungi Desa Wisata Nglanggeran

Mendukung Usaha Ekonomi Desa, Direktur Pengembangan UMKM mengunjungi Desa Wisata Nglanggeran

Desa Wisata Nglanggeran selain menjadi Desa Wisata Terbaik ASEAN 2017 juga menjadi Desa pengembang Usaha Ekonomi Desa. Sabtu, 8 April 2017 Yunita Resmi Sari Direktur Pengembangan UMKM mengunjungi Desa Wisata Nglanggeran. Kunjungan beliau dalam rangkaian Inhouse Training Departemen Pengembangan UMKM. Tujuan utamanya adalah melihat langsung dan melakukan diskusi bersama stake holder pengembangan Kakao di Desa Wisata Nglanggeran.

Griya Cokelat Nglanggeran yang diresmikan oleh Sri Sultan HB X pada 2 Desember 2016 menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Bahkan menurut Surini koordinator pengolahan kakao kapasitas produksinya saat ini sudah naik 2 kali lipat Karena permintaan pasar yang sangat tinggi. Kunjungan Rombongan Ibu Sari, panggilan akrab Direktur Pengembangan UMKM BI tersebut dilakukan dipendopo Kalisong. Hadir ikut menyambut dan melakukan diskusi Kepala BPTBA LIPI Yogyakarta, Camat Patuk, Kepala Desa Nglanggeran, Ketua Gapoktan Kumpul Makaryo, Pokdarwis Nglanggeran serta Pengelola Griya Cokelat Nglanggeran. Keberhasilan program pengembangan kakao dan produksi dari hulu sampi hilir ini merupakan hasil dari kerjasama yang baik dan adanya integrase program yang apik.

Beberapa stake holder yang terlibat antara lain Masyarakat Desa Nglanggeran yang tergabung dalam Gapoktan, sebagai pengelola dan petani kakao, pemerintah Desa dan Kecamatan sebagai pamong yang memberikan dukungan serta membantu regulasi pengembangan, Dishutbun juga memiliki peran menjamin kualitas perkebunan baik, BPTBA LIPI Yogyakarta yang lokasi di Gading memberikan pengetahuan dan transfer teknologi sehingga masyarakat kami bisa mengolah kakao menjadi aneka minuman dan makanan cokelat. Selanjutnya Bank Indonesia memberikan peran dalam fasilitasi peningkatan kapasitas SDM dan juga membantu peralatan melalui CSR yang diberikan.

Yunita Resmi Sari menyampaikan bahwa Desa Wisata Nglanggeran merupakan Desa Wisata yang sangat koprehensif. “Desa Wisata Nglanggeran adalah Desa Wisata yang koprehensif, semua ada disini. Pemandangan alamnya sangat menarik yang sudah disediakan oleh alam, dan masyarakatnya sangat kreatif mengolah kakao menjadi beraneka makanan dan minuman yang super lezat”. “Ini adalah suatu kegiatan yang komprehensif yang dilakukan Bank Indonesia antara lain dalam konteks pengembangan local development dalam menumbuhkan sumber aktivitas lokal baru didaerah, mensejahterakan masyarakat sekaligus menghasilkan komoditas yang berorientasi expor atau mensubstitusi produk impor sehingga membantu menekan devisit rantai berjalan dan yang paling utama membantu mensejahterakan masyarakat”.Simak Video lengkapnya disini KLIK VIDEO

Bu Sari mengajak untuk bisa mengunjungi Desa Wisata Nglanggeran agar bisa berwisata yang lebih berkualitas. Selain mendapatkan kesegaran jasmani, juga bisa belajar banyak terkait pengembangan UMKM khususnya pengolahan Cokelat. Mari membangun Indonesia dari Desa melalui pengambangan UMKM dan usaha Ekonomi Desa.