Jalur Nglanggeran Mountain Bike 2014

Banyak yang bertanya terkait jalur sepeda gunung yang diselengarakan di bumi Geopark Gunung Sewu Geosite Gunung Api Purba. Hal ini karena event ini merupakan event perdana dan banyak para pecinta sepeda gunung belum pernah mencoba melewatinya.

            Persiapan Uji Jalur Foto bareng MTB Gunungkidul

Terdapat 2 jalur dalam event sepeda besok tanggal 14 September 2014 yaitu 1. Jalur Fun Bike dengan jarak tempuh 8 KM. jalur Fun Bike relative mudah dan bisa diikuti oleh pecinta sepeda umum. Medan yang dipilih tidak terlalu extreme dengan banyak tipkal jalan datar. Jalur ini akan melewati jalan aspal, jalan ditengah persawahan, jalan berbatu, dan jalan Cor Semen. Peserta bisa membawa kamera karena akan melewati juga titik lokasi yang bagus untuk berfoto.

            Jalur Cor SemenJalur 2 adalah Adventure MTB Nglanggeran, jarak tempuh jalur ini 22 KM, diperuntukkan bagi pecinta MTB yang benar-benar ingin merasakan jalur petualangan. Bervariasi tipikal jalan dan didominasi jalan turunan terjal akan ditemui pada jalur ini. Rute yang dibikin banyak dilokasi hutan dan jalan di hutan. Melewati 3 wilayah lokasi desa di Kecamatan Patuk yaitu Desa Nglanggeran, Desa Putat dan Desa Bunder. Jalur yang dilewati banyak turunan jalan terjal, sedikit jalan Cor Semen, ada beberapa menyebrang jalan aspal. Diperkirakan antara tanjakan dan turunan seimbang yaitu 50:50 dengan tipikal jalan tanjakan didominasi jalan cor semen dan aspal. Untuk turunan banyak berupa jalan tanah menembus hutan dan juga jalan gragal batuan.

Menembus HutanLewat celah batuPanitia sudah melakukan ujicoba jalur Adventure Mountain Bike Nglanggeran, dan jenis sepeda yang digunakan adalah jenis Cross Country (XC). Jalur ini dinilai masih “Prawan” karena ini adalah event perdana yang akan diselenggarakan untuk memperkenalkan jalur MTB Nglanggeran.

                Kelengkapan peralatan yang harus dibawa oleh peserta untuk jalur Adventure Nglanggeran MTB antara lain helm standart, sepatu, kaos tangan, baju safety dan juga seragam peserta yang diberikan, untuk persiapan pribadi toolkit juga diperlukan. Jangan lupa juga kamera buat foto-foto ^_^ Liat Foto-Foto di FB

Selamat bergabung dan mencoba jalur di Bumi Geopark Gunung Sewu Geosite Gunung Api Purba, semoga event ini menjadi event tahunan dan dikembangkan sampai tingkat Internasional. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)