Griya Cokelat Nglanggeran Kebanjiran Pesanan

Griya Cokelat Nglanggeran Kebanjiran Pesanan

Griya Cokelat Nglanggeran saat ini sedang kacau. Kata kacau mempunyai makna yaitu kesibukan akibat aktivitas belakangan ini yang tidak ada hentinya. Para ibu-ibu mulai bekerja pukul 8 pagi sampai 4 sore. Biasanya proses produksi tidak dilakukan setiap hari melainkan saat stok habis dan adanya pesanan.

 

Beberapa minggu belakangan ini para ibu-ibu rutin melakukan produksi setiap hari. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi pesanan salah satu Mentri (Mentri Kemenristekdikti) yang berjumlah 2000 box Chocomix-classic isi 10 (20.000 saset). Proses produksi sudah berlangsung sejak awal oktober sampai hari ini (10 November 2018) dan sudah mencapai 18.000. Target pengiriman paket akan dilaksanakan tanggal 20 November 2018.Gambar dibawah ini adalah kardus berisi 120 box chocomix-classic yang telah siap untuk dikirim.

 

Padatnya kunjungan wisatawan melalui paket wisata di Desa Wisata Nglanggeran mengharuskan adanya pembagian SDM. Jumlah karyawan di Griya Cokelat Nglanggeran berjumalah 15 orang. Biasanya paket wisata edukasi pengolahan dodol kakao membutuhkan 1 orang peraga, 1 orang pemberi informasi, 1 orang standby untuk tamu yang berbelanja dan 1 orang membuat tester minuman cokelat yang merangkap sebagai kasir. Karyawan lainnya melanjutkan produksi (dikurang karyawan yang bergiliran libur).

 

Beberapa kali saya ikut membantu menyelesaikan produk pesanan chocomix-classic, ternyata cukup panjang prosesnya. Sedikit saya akan bercerita menggambarkan alurnya melalui tulisan; pertama yaitu pencampuran bubuk cokelat, susu, dan gula halus. Kedua, memasukan bubuk chocomix-classic ke saset dan dipress dengan mesi. Ketiga, menempelkan sticker pada saset. Keempat, memasukan 10 saset chocomix-classic ke wadahnya.

 

Setelah saset habis untuk diseduh wadah chocomix dapat kalian gunakan lagi, seperti menyimpan jam tanggan misalnya. Wadah cantik chocomix ini ternyata tidak dipesan dari pabrik, melainkan hasil karya salahsatu masyarakat lokal yang tergabung sebagai POKDARWIS Desa Wisata Nglanggeran. Beliau adalah Mas Jarwanto. Berawal dari iseng-iseng, saat ini Ia dan keluarga menggeluti produksi wadah cantik untuk Minuman Chocomix. Pembuatan wadah cantik chocomix dimulai dari lembaran karton, gulungan kertas dan gulungan mika. Dengan harga 55.000 rupiah kalian bisa menyimpan wadah cantik hasil karya Mas Jarwanto dan keluarga.

 

Apa kalian tertarik untuk memesan chocomix Griya Cokelat Nglanggeran? Yuk bisa liat varian produk lainnya di instagram @griya.cokelat.nglanggeran