Embung Nglanggeran Dukung Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba

Keberadaan Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran kini semakin berkembang dan diminati wisatawan baik domestic maupun manca. Kegiatan live in dari 18 negara, kegiatan makrab mahasiswa, live in dari SMA Cibubur, sering untuk kegiatan outbond merupakan kegiatan yang sering dilakukan.

 

Embung Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba, Lokasi Kebun Buah Nglanggeran

Embung Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba, Lokasi Kebun Buah Nglanggeran

Saat ini ada hal yang luar biasa dengan dibangunnya Embung (tampungan air) dengan skala besar di dataran tinggi sekitar Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba. Lokasi ini berada dikawasan Gunung Pendem, di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran. Kawasan ini akan menjadi sentra kebun buah seperti halnya Mangunan di Bantul atau Taman Buah Mekarsari di Bogor. Jadi Gunungkidul yang “terkenal” dengan kekeringannya pun akan memiliki kebun buah yaitu Kebun Buah Nglanggeran yang akses dari pusat kota jogja (Malioboro) hanya 25 KM dengan cukup 30-50 menit menuju lokasi ini.

            Kebun buah ini berjarak 1,5 KM dari pintu masuk Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba, tepatnya diarah tenggara. Akan menjadi atraksi wisata baru untuk dapat memetik duriandan kelengkeng secara langsung dari pohonnya. Selain menikmati buah, wisatawan yang berada dikawasan embung dan kebun buah ini bisa menyaksikan bentangan Gunung Api Purba dan Puncaknya secara jelas.

            Taman Buah yang dibangun di Desa Nglanggeran menggunakan dana Hibah APBD DIY senilai 1,4 Milyar, berada ditanah Sultan Ground (SG) seluas 20 Hektar. Infra struktur jalan dan beberapa fasilitas penunjang lain akan dibuat guna mendukung keberadaan kebun buah ini. Masyarakat Desa Nglanggeran sangat antusias dan mendukung karena akan sangat berhubungan dengan pengembangan kawasan ekowisata berwawasan lingkungan bebasis masyarakat yang sudah dirintis secara swadaya oleh masyarakat. Proses pelaksanaan pembuatan kebun buah didampingi yayasan obor tani.

            Harapannya dengan adanya kebun buah ini semakin mendukung pemberdayaan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Desa Nglanggeran dan Gunungkidul secara khusus. Masyarakat Jogja dan Indonesia pada umumnya. Akan dilakukan peresmian pembuatan embung oleh Gubernur DIY (Sri Sultan HB X) Insyaallah pada tanggal 19 Februari 2013. Semoga pembangunan kebun buah di Desa Nglanggeran mendapatkan barokah. Tetap Semangat dan Terus Berkarya…!!! (Sugeng Handoko)